Gunung Kerinci Erupsi, Aktivitas Pendakian Ditutup

Gunung Kerinci erupsi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional - Gunung Kerinci di Jambi kembali erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 500 sampai 700 meter. Imbas peristiwa ini, aktivitas masyarakat seperti pendakian ke gunung juga sementara sudah ditutup. 

Status Gunung Ibu di Maluku Utara Naik Jadi Siaga Level III

Petugas Pengamatan Gunung api Kerinci S. Mamory menjelaskan gunung api aktif itu mengeluarkan abu vulkanik dengan ketinggian mencapai 700 meter. 

"Ya benar, gunung dengan memiliki ketinggian, mengeluarkan abu vulkanik tepat Rabu pagi, 19 oktober 2022 sekitar pukul 06.20 wib," kata Mamory saat dikonfirmasi pada Rabu, 19 Oktober 2022. 

Gunung Ibu Kembali Erupsi, Kolom Abu 1.500 Meter di Atas Puncak

Gunung Kerinci Erupsi

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

Mamory menyebut, aktivitas pendakian sebenarnya sudah ditutup sejak 16 oktober 2022. Langkah ini dilakukan hingga kondisi gunung terasa aman. 

Aktivitas Bandara Sam Ratulangi Kini Kembali Normal usai Erupsi Gunung Ruang

"Dari tanggal 16 Oktober lalu kita sudah tutup pendaki gunung karena abu vulkanik keluar dan sudah masuk level 2," jelasnya.

Mamory mengatakan, hingga Rabu sore tadi, ketebalan di Gunung Kerinci masih berkabut. Pun, arah abu vulkanik tepat ke arah barat laut, Bengkulu. Sementara, aktivitas masyarakat di sekitaran gunung tetap beraktifitas. Alasannya karena masyarakat menganggap hal biasa terjadi. Meski demikian, ia menilai semburan abu vulkanik itu sudah biasa.

"Bagi masyarakat Kerinci khususnya berkebun di sekitaran Gunung Kerinci," tuturnya.

Terpisah, Plt Ketua BPBD Kerinci, Darifus menjelaskan aktivitas Gunung Kerinci saat ini sudah masuk level 2 atau waspada. Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan pengamat gunung kerinci. 

"Cuman asap tebal saja dan lansung saja berkomunikasi dengan pengamat gunung Kerinci," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya