BPOM Tegaskan Bahan Baku Obat Sirup yang Dilarang Impornya Diawasi Kemendag

Ilustrasi obat sirup/obat batuk.
Sumber :
  • Pexels/Cottonbro

VIVA Nasional – Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny K Lukito menyebut peran Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam mengimpor senyawa kimia propilen glikol (PG) dan polietilen glikol (PEG) ke dalam Indonesia.

Perkuat Sektor Jasa Keuangan, OJK Gandeng Asosiasi Profesi

Dalam hal pengawasan, kata dia, BPOM hanya melakukan pemeriksaan pada bahan baku pharmaceutical grade yang masuk kategori larangan dan pembatasan (lartas). Ternyata, ditemukan satu bahan baku yang masuk ke Indonesia digunakan industri farmasi tidak melalui pengawasan BPOM.

“Kami temukan satu bahan baku yang masuk ke Indonesia tidak melalui pengawasan BPOM, tapi masuk melalui non larangan terbatas (non larangan pembatasan) bahan baku yang digunakan sebagai produksi untuk industri obat,” kata Penny di Gedung DPR pada Rabu, 2 November 2022.

Gubernur BI Ungkap Tujuan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025-2030

Konferensi pers BPOM terkait obat sirup yang mengandung EG dan DEG

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama (Serang)

Seharusnya, kata Penny, bahan baku pada umumnya masuk melalui surat keterangan impor (SKI) dari BPOM, sehingga bisa dilakukan pengawasan di awal. Menurut dia, khusus bahan pelarut PG dan PEG ini masuknya melalui Kementerian Perdagangan.

'Wassalam' kalau PDIP dan PKS Juga Gabung Koalisi Prabowo, Menurut Peneliti BRIN

“Bahan baku pada umumnya masuk melalui SKI BPOM. Khusus untuk pelarut PG dan PEG ini masuknya tidak melalui SKI BPOM, tapi melalui Kementerian Perdagangan, non-lartas. Artinya, BPOM tidak bisa melakukan pengawasan ke mutu dan keamanan pada saat masuk ke Indonesia,” ungkapnya.

Konferensi pers BPOM terkait obat sirup yang mengandung EG dan DEG

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama (Serang)

Dengan begitu, Penny mengaku sudah melaporkan hal ini kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sudah ada tindak lanjut dengan lintas sektor seperti rapat bersama Kementerian Kesehatan.

“Tentunya, ini segera diubah supaya menjadi SKI BPOM sehingga menjadi pengawasan pre market BPOM,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya