Momen Jokowi dan Pemimpin Dunia Nyangkul dan Tanam Mangrove di KTT G20

Presiden Jokowi ajak pemimpin dunia menanam mangrove
Sumber :
  • Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

VIVA NasionalPresiden Joko Widodo mengajak para pemimpin negara G20 serta pimpinan organisasi internasional meninjau Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Bali pada Rabu, 16 November 2022. Presiden Jokowi dan pemimpin dunia lainnya menanam mangrove.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Seluruh pimpinan G20 diminta untuk berdiri menghadap dengan bibit pohon mangrove untuk ditanam. Setelah itu, para pimpinan negara itu diminta mencangkul menambah gundukan tanah di sekitar pohon tersebut.

Presiden Jokowi ajak pemimpin dunia menanam mangrove

Photo :
  • Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Saat prosesi penanaman mangrove ini, para kepala negara memegang cangkul untuk menguruk tanah. Namun, dari gerak-gerik pimpinan dunia ini nampaknya tidak terbiasa memegang alat tani tersebut hingga beberapa diantara mereka ada yang kaku hingga tidak bisa memegang cangkul dengan benar.

Setelah prosesi tanam mangrove tersebut, Presiden Jokowi dan para pemimpin dunia melakukan foto bersama dengan mengangkat cangkul.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Usai menanam mangrove, Presiden Jokowi mengajak para tamu untuk menuju ke tempat pembibitan mangrove. Pesiden Jokowi juga jongkok untuk memperlihatkan tanaman ke pada delegasi.

Tidak semua pemimpin negara hadir dalam prosesi tanam mangrove. Presiden China, Xi JInping, Perdana Menteri (PM) Kanada serta PM Inggris Rishi Sunak tidak nampak dalam lokasi.

Delegasi lain yang telah pulang, yaitu Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan, PM Kamboja Hun Sen, dan Presiden FIFA Giani Infantino.

Sedangkan para pemimpin yang hadir di antaranya, Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, PM Belanda Mark Rutte, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, Direktur Pelaksana WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Presiden European Council Charles Michel, dan Presiden Uni Eropa Ursula von der Leyen.

Jokowi ajak delegasi KTT G20 tanam Mangrove di Bali.

Photo :
  • Tangkapan layar.

Selain itu, Sekretaris Jenderal OECD Mathias Cormann, Kanselir Jerman Olaf Scholz, PM India Narendra Modi, PM Italia Giorgia Meloni, dan juga Presiden Prancis Emannuel Macron.

KTT G20 berlangsung selama dua hari, yakni 15-16 November 2022. Selanjutnya, presidensi G20 akan dipegang oleh negara India.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya