Cerita Persahabatan 43 Tahun Menlu Retno Marsudi dan Menkeu Sri Mulyani

Presiden Joko Widodo menggelar konferensi pers usai KTT G20 di Bali, Rabu 16 November 2022.
Presiden Joko Widodo menggelar konferensi pers usai KTT G20 di Bali, Rabu 16 November 2022.
Sumber :
  • VIVA/Natania Longdong.

VIVA Nasional – Dua srikandi Indonesia Sri Mulyani Indrawati dan Retno Marsudi menjadi sorotan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Keduanya menarik perhatian masyarakat sebab merupakan sahabat dan mendampingi Presiden Joko Widodo pada perhelatan KTT G20.

Kedua menteri di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi ini ternyata, sudah berteman selama 43 tahun. Saat ini Sri Mulyani menjabat sebagai Menteri Keuangan (Menkeu), dan Retno Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu).

"Bestie, 43 tahun temenan (sama Sri Mulyani)," kata Retno dalam media sosial Tik-Tok @setkabgoid, Minggu, 20 November 2022.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Retno dan Sri Mulyani mulai menjalin pertemanan saat duduk di bangku SMA. Namun, saat kuliah keduanya terpisah. Ani, panggilan akrab Sri Mulyani, berkuliah di Universitas Indonesia (UI) dan Retno di Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Ani ke UI kan, saya ke UGM. Waktu Ani di World Bank, tiba-tiba dia datang ke Belanda saya Dubes di Belanda. Tiba-tiba saya dapat WA dari dia, dia bilang Ret makan yuk," ujar Retno.

Retno menceritakan, kedekatannya dengan Ani bertambah saat keduanya harus duet pada Presidensi G20 Indonesia. Retno dalam hal ini mengurus bagian Sherpa, dan Ani jalur keuangan.

Halaman Selanjutnya
img_title