Gempa Cianjur Terasa di Jakarta Hingga Bekasi, Durasi Gempa 3-10 Detik

Rumah roboh terdampak gempa 5,6 Magnitudo mengguncang Cianjur
Sumber :
  • Ist

VIVA Nasional – Humas SAR Nasional (Basarnas), Albert Wenno mengatakan, berdasarkan data dari Badan Penanggulan Bencana Nasional sejauh ini beberapa rumah rusak buntut gempa bumi Cianjur. Yang baru termonitor sejauh ini dua unit rumah di Bogor rusak.

Gempa Bumi 6,5 SR Guncang Garut, Terasa Hingga Jabodetabek

"Dua unit rumah rusak (di Bogor)," kata dia kepada wartawan, Senin 21 November 2022.

Gempa bumi terasa di beberapa titik. Mulai dari Cianjur, Sukabumi, Bandung, Bogor, DKI Jakarta, dan Bekasi. Kata dia, berdasar data dari BNPB durasi gempa berkisar tiga sampai sepuluh detik lamanya.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Dia menyebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah terus melakukan monitoring terkait dampak gempa ini. Menurut data BNPB, pusat gempa ada di darat, tidak berpotensi tsunami.

Rumah rusak akibat gempa di Puncak Dua Bogor

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR.
Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

"Pusat gempa berada di darat dan tidak berpotensi tsunami," katanya lagi.

Diketahui, gempa bumi dengan magnitudo 5,6 melanda wilayah barat daya Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Senin pukul 13.21 WIB. Menurut BMKG, pusat gempa bumi itu berada di koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur, sekira 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, pada kedalaman 10 km.

Gempa yang getarannya dirasakan hingga wilayah Jakarta, Bekasi, dan Bogor itu menurut BMKG tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya