Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar, Moeldoko: Hentikan Ideologi Kekerasan

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Polsek Antana Anyar, Bandung, Jawa Barat, menjadi sasaran aksi bom bunuh diri yang mengakibatkan satu anggota polisi meninggal dunia dari delapan anggota polisi yang mengalami luka-luka, pada Rabu 7 Desember 2022.

10 Tips Mencegah Aksi Kekerasan Antar Siswa di Sekolah

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko pun ikut menyoroti peristiwa yang terjadi pada pagi hari itu. Menurutnya, penyerangan kepada anggota polisi di Polsek Astana Anyar, Bandung itu tidak ada gunanya dalam hal menguntungkan siapapun dan mencederai nilai kemanusiaan.

"Ini aktivitas yang merugikan. Bayangkan jika pelaku dan korbannya adalah keluarga kita," ujar Moeldoko dalam keterangan tertulis yang diterima Rabu, 7 Desember 2022.

Termasuk Mayor Teddy, Nikita Mirzani Bongkar Perilaku Ajudan-ajudan Prabowo Subianto

Bom bunuh diri meledak di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

Kemudian, Moeldoko menilai bahwa peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di Polsek Astana Anyar menyadarkan semua pihak bahwa ideologi yang berlandaskan kekerasan tidak bermanfaat. Baik untuk perjuangan ideologi maupun bagi kehidupan masyarakat. 

Amnesty International Sebut Pelanggaran HAM di RI Semakin Buruk, Aparat Paling Banyak Terlibat

"Hentikan segala ideologi kekerasan. Stop aksi bom bunuh diri. Apa untungnya bagi kita? Nggak ada, yang ada cuma merugikan semua,” kata Moeldoko. 

Moeldoko juga meminta semua pihak untuk melihat dan memaknai peristiwa bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar sebagai kejadian yang tidak berguna dan hanya membawa kerugian bagi semua masyarakat. 

Kejadian itu, sambung dia, bukan sekedar kekerasan tapi juga peristiwa kemanusiaan yang solusinya tidak bisa menggunakan jalan tinggal. 

"Kita perlu memperkuat modal sosial, keguyuban dan gotong royong sebagai peringatan dini untuk melihat lingkungan sekitar kita," tukas dia. 

Kronologi bom bunuh diri

Sebelumnya diberitakan, Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat diserang pria tak dikenal yang berujung dengan ledakan bom bunuh diri, Rabu pagi ini 7 Desember 2022.

Kondisi Markas Polsek Astanaanyar di Kota Bandung, Jawa Barat, pascaledakan bom bunuh diri, Rabu, 7 Desember 2022.

Photo :
  • ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Aswin Sipayung menuturkan awal mula ledakan itu terjadi. Aswin menuturkan, kejadian tersebut berawal ketika anggota Polsek Astanaanyar tengah melakukan apel pagi.

"Kami laporkan pukul 08:20 WIB Polsek Astanaanyar sedang apel pagi," tutur Aswin dalam keterangannya, Rabu 7 Desember 2022.

Kemudian, lanjut Aswin, saat apel itu para anggota didatangi seorang laki-laki sambil membawa senjata tajam. Pria tersebut juga sempat mengacungkan senjata tajam itu. Pria tersebut menerobos para anggota polsek yang sedang melakukan apel pagi.

"Tiba-tiba ada seorang laki-laki masuk ke Polsek mengacungkan senjata tajam menerobos barisan apel pagi, seketika anggota menghindar," terangnya.

Setelah melakukan aksinya menerobos anggota Polsek Astanaanyar yang apel itu, lalu terdengarlah ledakan yang kemudian diduga bom bunuh diri itu.

"Tidak lama kemudian ada ledakan. Pelaku pembawa bom tersebut meninggal dunia di Polsek Astana Anyar," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya