Sah! Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Resmi Jadi Suami Istri

Prosesi Akad Nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Presiden Jokowi

VIVA Nasional – Kaesang Pangarep dan Erina Gudono melangsungkan pernikahan pada hari ini Sabtu, 10 Desember 2022 di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta. Acara akad nikah Kaesang dan Erina tersebut dimulai sekira pukul 12.30 WIB dengan acara penyerahan dan penerimaan mempelai pengantin Pria.

AHY Akui Sudah Ada Diskusi Jatah Menteri di Koalisi Prabowo-Gibran

Acara akad nikah tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Qori Ahmad Nabil Mubaraq yang membacakan ayat suci Alquran Surat An-Nisa ayat 1 dan Surat Al Furqan ayat 74. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan proses akad nikah dengan dipimpin seorang penghulu yang merupakan Kepala KUA Depok, Sleman, Yogyakarta bernama Muhammad Wiyono.

Prosesi Akad Nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Presiden Jokowi
AHY Ungkap Pembagian Jatah Menteri Kabinet Prabowo-Gibran Sudah Dibahas

Dalam prosesi akad nikah tersebut, Kakak laki-laki Erina, Allen Adam Renaldy Gudono bertindak sebagai wali dari Erina Gudono. Kakak Erina menjadi Wali nikah dikarenakan ayah Erina Profesor Gudono telah meninggal dunia. Memulai prosesi akad itu, Allen Gudono terlihat menjabat tangan Kaesang yang kemudian diiringi pengucapan kalimat ijab.

"Ananda Kaesang Pangarep Putra Bapak Haji Joko Widodo, Saya nikahkan Ananda dengan Erina Sofia Gudono, putri Bapak Haji Muhammad Gudono, nikah untuk Ananda sendiri dengan mas kawin berupa seperangkat alat salat, logam mulia 10, 12, 20, 22, gram dan uang tunai sebesar Rp300.000 dibayar tunai," kata Allen Gudono

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI Jakarta, Menteri Basuki Buka Suara

"Saya terima nikahnya Erina Sofia Gudono binti Muhammad Gudono dengan mas kawin tersebut dibayar tunai," jawab Kaesang dengan lantang

Setelah Kaesang mengucapkan kalimat ijab kabul dengan lancar dan lantang, kedua saksi pun langsung menyatakan akad nikah tersebut sah. "Sah!" Kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Mensesneg Pratikno yang menjadi saksi pada akad nikah Kaesang-Erina tersebut.

Akad Nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Presiden Jokowi

Sebagaimana diketahui, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bertindak sebagai saksi yang mewakili pihak keluarga mempelai laki-laki. Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menjadi saksi dari pihak keluarga mempela perempuan yakni keluarga Erina Gudono.

Setelah pengucapan ijab kabul tersebut berjalan lancar, kemudian prosesi akad nikah dilanjutkan dengan pembacaan doa. Acara tersebut berjalan dengan khidmat dan dipenuhi suasana mengharukan.

Usai ijab kabul, akan dilanjutkan dengan prosesi adat panggih pengantin. Prosesi adat ini melambangkan pertemuan mempelai pria dengan perempuan yang masing-masing dalam keadaan suci. Prosesi panggih diawali dengan penyerahan pisang sanggan kepada orang tua mempelai perempuan sebagai simbol tebusan atas putri mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya