Jelang Natal, Wamen ATR/BPN Beri Kado untuk Umat Kristiani

Wakil Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni.
Sumber :
  • Dok. Kementerian ATR/BPN.

VIVA Nasional - Wakil Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni, menyerahkan 4 sertifikat tanah atas nama Gereja Yesus Kristus Tuhan, Gereja Misi Injili Indonesia (GMII), Keuskupan Agung Jakarta di Pejaten, Jakarta Selatan, pada Selasa, 13 Desember 2022. Penyerahan sertifikat dilakukan di SMA Kolese Gonzaga, Pejaten.

Gelar Reforma Agraria Summit 2024, Kementerian ATR: Tindak Lanjut Deklarasi Karimun 2023

12 Hari Lagi Rayakan Natal

"12 hari lagi umat Kristiani akan merayakan Natal, dan sertifikat ini adalah kadonya," kata Raja melalui keterangan persnya.

Soal Pembubaran Kegiatan Ibadah Berujung Kekerasan di Tangsel, Ini Kata Kemenag

Wamen ATR BPN Raja Juli Antoni di Universitas Darul Ulum Jombang.

Photo :
  • Dok. Kementerian ATR/BPN.

Beri Perhatian pada Tanah Wakaf dan Rumah Ibadah

Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah Elektronik ke Warga Banyuwangi

Raja mengaku sering mendapat laporan rumah ibadah yang tidak memiliki sertifikat tanah. Karena itu, sertifikasi rumah ibadah menjadi prioritas.

“Arahan Pak Menteri Hadi, selain kita mengurus tanah-tanah HGU, kita harus memberikan perhatian pada tanah wakaf dan rumah ibadah,” kata Raja.

Fokus dan Konsisten

Raja memastikan bahwa kementeriannya terus mengejar sertifikasi tanah wakaf dan rumah ibadah yang ditargetkan selesai pada 2024.

“Insya Allah saya akan fokus dan konsisten,” kata Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia tersebut.

Warga menunjukkan sertifikat tanah miliknya. (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Ia menyebut penyerahan sertifikat adalah bentuk perlindungan negara. Dengan perlindungan itu, umat beragama akan mendapatkan kenyamanan dalam beribadah.

“Dengan adanya sertifikat ini, menjadi ada kepastian hukum sehingga mafia tanah tidak bisa lagi mengganggu hak-hak umat,” katanya.

Ajak Masyarakat Daftarkan Aset Tanahnya

Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni juga mengajak kepada seluruh umat beragama supaya sesegera mungkin mendaftarkan aset tanahnya.

Kementerian ATR/BPN di bawah kepemimpinan Pak Hadi insya Allah bergerak cepat. Mari daftarkan tanahnya ke kantor pertanahan setempat,” tuturnya.

Bagi pemerintah khususnya kantor pertanahan, sertifikasi rumah ibadah menjadi penting dalam pengelolaan pertanahan demi terwujudnya tertib administrasi pertanahan.

Selama tahun 2022, Kementerian ATR/BPN telah menyerahkan sebanyak 18.852 sertifikat tanah wakaf dan rumah ibadah di seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya