Berantas Korupsi di BUMN, Erick Thohir Dinilai Sosok Pemimpin Berintegritas

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Andri Mardiansyah/VIVA.

VIVA Nasional – Tokoh Pemuda Jakarta, M Munif Abdurrasyid menilai Menteri BUMN Erick Thohir terbukti sukses memberantas kasus-kasus korupsi. Sejak diamanahkan menjadi Menteri BUMN Erick Thohir langsung bergerak cepat membersihkan lembaga tersebut dari oknum-oknum yang merugikan negara.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

"Bisa kita katakan beliau sukses memberantas korupsi di tubuh Kementerian BUMN," kata Munif dalam keterangan yang diterima hari ini, Selasa 27 Desember 2022.

Gedung Kementerian BUMN. Foto ilustrasi.

Photo :
  • VIVA/Andry Daud
Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Seperti diketahui, Erick Thohir terbukti sebagai pemimpin bersih dan berintegritas. Selama tiga tahun menjadi Menteri BUMN, Erick Thohir berhasil menyelesaikan berbagai kasus korupsi.

Kasus-kasus korupsi ini di antaranya adalah Jiwasraya, Asabri dan Garuda Indonesia. Ketiga kasus tersebut berhasil diselesaikan oleh Erick Thohir dengan menggandeng Kejaksaan Agung dan BPKP.

AHY Ogah Bebankan Prabowo soal Jatah Menteri Buat Demokrat

Tak hanya itu, saat ini ia juga berupaya menyelesaikan dugaan korupsi di dalam tubuh PLN dan Krakatau Steel. Bersamaan dengan itu, Erick Thohir memastikan kasus-kasus serupa tidak terulang dengan melakukan transformasi tata kelola perusahaan dengan berkolaborasi bersama Kejakasaan Agung dan BPKP.

Tak berhenti sampai di situ, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi ini juga menerapkan manajemen anti suap atau ISO 34001. Tak tanggung-tanggung seluruh wilayah Kementerian BUMN menerapkan sistem manajemen tersebut untuk meminimalisir tindak pidana korupsi.

Di samping itu, Erick Thohir juga akan mengeluarkan black list oknum-oknum yang pernah tersangkut kasus korupsi. Black list ini akan menjadi acuan bagi seluruh perusahaan BUMN agar para oknum tersebut tidak lagi bisa bekerja di perusahaan pelat merah.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Dok. Kementerian BUMN

Munif yang juga Ketua BEM Universitas Budi Luhur menyatakan perang terhadap korupsi merupakan catatan yang sangat baik dimiliki oleh Erick Thohir. Mengingat korupsi adalah tindakan yang harus diperangi bersama.

"Suatu catatan baik bagi Pak Erick Thohir karena bisa menyelesaikan kasus-kasus korupsi di Kementerian BUMN. Karena memang korupsi adalah musuh kita bersama," pungkas Munif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya