Puncak Bogor Diselimuti Kabut Tebal, Wisatawan Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

Ilustrasi arus lalu lintas menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Muhammad AR (Bogor)

VIVA Nasional - Wisatawan yang ingin berlibur saat malam tahun baru diminta agar waspada terhadap kemungkinan potensi cuaca ekstrem di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat. Kawasan Puncak belakangan sering dilanda cuaca hujan ekstrem.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Pantauan VIVA di lokasi, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi sejak Jumat pagi. Kabut tebal menyelimuti kawasan Cisarua, kaki Gunung Gede Pangrango tersebut. 

Saat itu, jarak pandang hanya 10 meter di atas Gunung Mas seperti perkebunan teh. Kondisi itu mesti diwaspadai pengendara yang melintas.

Viral Video Detik-detik Seekor Kucing Diselamatkan di Tengah Banjir Melanda Dubai

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanudin

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

Kapolres Bogor AKPB Iman Imanuddin mengimbau agar wisatawan berhati-hati dalam berkendara selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kata dia, pihaknya terus berupaya menjaga keamanan di wilayah Bogor.

Video Detik-detik Muazin Mengubah Lafaz Azan saat Hujan Badai di Dubai, Serukan Sholat di Rumah

"Para pengendara harus benar benar hati-hati. Kemudian kecepatannya dikendalikan supaya tidak kecepatan tinggi.  Hal ini harus kita lakukan bersama-sama untuk menjaga keselamatan di jalan," kata Iman saat dikonfirmasi, Jumat malam, 30 Desember 2022.

Iman memngingatkan cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi di area Puncak, mesti jadi kewaspadaan. Selain cuaca buruk, ia menekankan mesti waspada terhadap bencana longsor.

"Pada daerah-daerah tertentu nya ada daerah daerah yang rawan longsor. Jadi, kita harus tetap waspada ketika kita stay di wilayah Puncak Bogor," tutur Iman.

Keramaian wisatawan di Gadog Puncak Bogor, Minggu malam.

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

Sebelumnya, pemberlakukan Car Free Night akan diterapkan di kawasan Puncak pada Sabtu malam 31 Desember 2022 sampai Minggu pagi 1 Januari 2023. Dengan, Car Free Night, jalur puncak akan ditutup.

AKBP Iman mengatakan, untuk car free night diterapkan sepanjang 21 kilometer di wilayah Puncak selama malam pergantian tahun. Masyarakat yang ingin liburan ke Puncak diimbau bisa antisipasi dengan berangkat sejak Jumat kemarin.

"Bagi yang akan melaksanakan liburan di Puncak menyambut tahun baru tentunya sudah mulai berangkat di hari ini di hari Jumat, karena hotel hotel yang ada di puncak juga sudah memberlakukan minimal menginap itu 2 hari," kata Iman saat dikonfirmasi Jumat malam, 30 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya