Ritual Akhir Tahun, Kali Ini Hasto Daki Gunung Sang Hyang Bali

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (tengah) di Bali mau mendaki gunung Sang Hyang
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto menghabiskan malam tahun baru 2023 dengan mendaki Gunung Sang Hyang, Bali. Kegiatan ini dilakukan Hasto bersama sejumlah wartawan dan sejawatnya saat kuliah S3 di Universitas Pertahanan (Unhan).

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Diketahui dalam lima tahun terakhir, Hasto memiliki tradisi unik menjelang pergantian tahun yakni dengan mendaki gunung. Ritual ini juga dilakukan dalam rangka memeringati HUT ke-50 PDIP.

“Tahun lalu, saya naik gunung tertinggi di Bali, yakni Gunung Agung. Pada tahun ini, bersama teman-teman S3 Cohort 3 dan juga beberapa teman wartawan, kami naik Gunung Sang Hyang, Bali. Bagi saya pribadi, ini bagian ritual menjelang peringatan HUT ke-50 PDI Perjuangan," ujar Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, 31 Desember 2022.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Kegiatan naik gunung saat malam pergantian tahun sudah dilakukan Hasto Kristiyanto dalam 5 tahun terakhir. Dikatakan, kegiatan naik gunung serta membersihkan sungai, menanam pohon dan gerakan mencintai Bumi, juga bagian dari mewarnai kegiatan HUT PDPI.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Kegiatan-kegiatan tersebut muncul dari pengenalan mendalam terhadap kebiasaan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Disebutkan, Megawati sangat mencintai tanaman dan sering melakukan kontemplasi dengan merawat tanaman.

“Sebab, dari tanaman mengalir oksigen bagi kehidupan terlebih ketika semuanya diperindah dengan berbagai jenis bunga dan bahkan rumput-rumputan, hingga aneka jenis lumut, yang dirawat Ibu Mega dengan sangat baik,” kata Hasto.

Menurutnya, dalam filosofi Bali, Megawati menjalankan konsepsi Trihita Karana, yang bermakna kebahagiaan akan mewujud apabila manusia berada dalam keseimbangan dengan Sang Pencipta, dengan alam raya dan seisinya, serta dengan sesamanya.

Kebiasaaan yang dilakukan Megawati tersebut kini menjadi kultur partai. Gerakan mencintai bumi, merawat kehidupan, dan menjaga keseimbangan alam melalui gerakan penghijauan wajib dijalankan seluruh anggota PDIP.

“Sebab, alam adalah kehidupan. Alam yang mengajarkan tentang darma, tentang bagaimana alam memberi tanpa pamrih bagi kehidupan. Tugas PDI Perjuangan untuk menjaga alam," kata Hasto.

Dikatakan pula, meski jauh dari keramaian, malam tahun baru di puncak gunung menjadi tradisi untuk merenung sejenak dari hiruk pikuk politik.

“Di puncak gunung, kami akan berdoa bagi rakyat, bangsa, dan negara Indonesia. Juga doa bagi Bung Karno, Ibu Megawati, dan Pak Jokowi, serta seluruh anggota dan kader PDI Perjuangan," kata Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya