Jaksa Sebut Ferdy Sambo Tembak Kepala Brigadir J 2 Kali

Ferdy Sambo, Jalani Pemeriksaan Sebagai Terdakwa
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional - Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyampaikan terdakwa Ferdy Sambo ikut menembak Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J sebanyak dua kali. Tembakan itu diarahkan Ferdy Sambo ke bagian kepala belakang Brigadir J.

Kasus Korupsi Kredit Macet Jaksa Eksekusi Eks Pegawai Bank BUMN ke Penjara

Hal itu diungkap jaksa saat membacakan berkas tuntutan terhadap terdakwa Ricky Rizal dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 16 Januari 2023. 

Jaksa mengatakan, tembakan itu diarahkan Ferdy Sambo untuk memastikan Brigadir J meninggal dunia. Jaksa memaparkan, awalnya Richard Eliezer atau Bharada E melepaskan tembakan sebanyak tiga atau empat kali ke tubuh Brigadir J hingga sekarat. 

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

Kemudian, tembakan dilanjutkan oleh Sambo dengan mengarah ke kepala bagian belakang Brigadir J.

Jaksa Sebut SYL Bayar Tagihan Kartu Kredit Ratusan Juta Pakai Uang Hasil Korupsi di Kementan

"Bersesuaian fakta persidangan, berdasarkan keterangan saksi Richard Eliezer. Kemudian, saksi Ferdy Sambo menghampiri korban Nofriansyah Yosua Hutabarat yang tergeletak di dekat tangga depan kamar mandi dalam keadaan tertelungkup masih bergerak-gerak kesakitan," kata Jaksa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 16 Januari 2023.

"Lalu, untuk memastikan tidak bernyawa lagi, saksi Ferdy Sambo yang sudah memakai sarung tangan kemudian memegang senjata api dan menembak 2 kali, mengenai tepat kepala bagian belakang sisi kiri korban sehingga korban meninggal dunia," lanjutnya.

Sidang Sambo, Putri, Bharada E, Bripka RR dan Kuat Hadirkan Saksi Ahli

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut Jaksa, tembakan yang diarahkan Sambo itu langsung menembus kepala bagian belakang sisi kiri Brigadir J melalui hidung. Lintasan anak peluru itu juga menimbulkan kerusakan pada batang otak Brigadir Yosua.

Imbas tembakan itu tulang dasar tengkorak Brigadir J mengalami kerusakan.

"Rusaknya tulang dasar tengkorak pada dua tempat yang mengakibatkan kerusakan tulang. Dasar rongga bola mata bagian kanan dan menimbulkan resapan darah pada kelopak bawah mata kanan. Lintasan anak peluru telah menimbulkan kerusakan pada batang otak," ujar Jaksa.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya