Bharada E Dituntut 12 Tahun Penjara, Ronny Talapessy Nilai Putusan JPU Tidak Adil

Bharada E menangis usai dituntut 12 tahun penjara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

VIVA Nasional – Bharada E baru saja menjalani sidang dengan agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Rabu, 18 Januari 2023. Dalam sidang tersebut, JPU menyebut jika Bharada E terbukti bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan terhadap Brigadir J.

Remaja di Mamuju Tikam Temannya 28 Kali hingga Tewas karena Kesal Sering Dibully

JPU menuntut Bharada E dengan 12 tahun penjara. Ronny Talapessy mengaku terkejut atas hukuman yang diterima kliennya tersebut. Kata Ronny, kliennya itu sudah konsisten memberikan keterangan jujur selama persidangan. Terlebih Bharada E berstatus sebagai justice collaborator yang menurutnya harus dituntut paling rendah dibanding terdakwa lainnya.

Kuasa Hukum Bharada Richard Eliezer, Ronny Talapessy

Photo :
  • VIVA / Zendy Pradana
TNI-Polri Berhasil Tangkap Anggota KKB Pelaku Pembunuhan Danramil Aradide

“Bahwa dalam proses persidangan ini, kita melihat bahwa klien kami itu dia konsisten. Tapi yang hari ini kita cukup kaget adalah ketika seorang JC yang dimana sudah diamanatkan oleh Undang Undang Perlindungan Saksi dan Korban dimana diatur bahwa dia berhak dituntut paling rendah, ya. Tapi hari ini kita dapati tuntutannya melebihi dari terdakwa yang lainnya,” ungkap Ronny Talapessy dalam agenda Kabar Petang tvOne pada Rabu 18 Januari 2023. 

Menurut Ronny Talapessy, tuntutan ini dirasa tidak adil. Pasalnya, terdakwa yang lainnya dihukum karena menjadi ‘otak’ dari rencana pembunuhan Brigadir J. 

Sagil Siswa SD Tinggi 2 Meter, YouTuber Korea Diajak ke Hotel hingga IRT di Garut Tewas Dibunuh

Sementara Richard Eliezer atau Bharada E bukan merupakan otak dari rencana namun dituntut lebih tinggi daripada terdakwa yang lainnya. 

“Di dalam hal ini klien kami Richard Eliezer di dalam tuntutan tidak diuraikan bahwa dia merupakan otak dari pembunuhan berencana. Tetapi ia dituntut lebih tinggi daripada terdakwa yang lainnya, tentunya ini mengusik rasa keadilan,” ungkap Ronny Talapessy. 

Ronny Talapessy mengaku bahwa dirinya bersama tim menghormati dan menghargai tuntutan jaksa. Namun ia tidak sepakat dengan tuntutan yang diajukan jaksa. 

Momen Bharada E terima tuntutan 12 tahun penjara

Photo :
  • YouTube tvOneNews

Menurutnya, banyak ahli pidana yang dihadirkan di persidangan tidak memberatkan Bharada E. Pada kesempatan ini Ronny Talapessy juga menyebut bahwa Jaksa Penuntut Umum tidak mempedulikan rasa keadilan masyarakat saat membuat tuntutan untuk Bharada E. 

“Jaksa menafikan bahwa banyak sekali fakta persidangan bahkan ahli pidana yang diajukan oleh JPU sendiri, itu tidak memberatkan Richard Eliezer. Menurut kami bahwa (merujuk pada) fakta-fakta persidangan JPU juga tidak mempedulikan rasa keadilan masyarakat,” tegas Ronny Talapessy. 

“Nah, orang yang menjadi saksi kunci terbongkarnya kasus ini malah diperlakukan menurut kami tidak adil oleh JPU,” jelas Ronny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya