Dramatis! Seorang Perempuan Melahirkan di Pos Pendakian Gunung Slamet Purbalingga

Seorang Perempuan Melahirkan di Pos Pendakian Gunung Slamet Purbalingga
Sumber :

VIVA Nasional – Seorang perempuan melahirkan di Pos 3 jalur pendakian Gunung Slamet via Bambangan Purbalingga, Minggu 29 Januari 2023 siang. Tim SAR gabungan yang mengevakuasi ibu dan bayi, membutuhkan waktu sekitar tiga jam, karena kondisi medan dan cuaca. 

Kasus Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas di Dalam Hotel, Polisi Tangkap 2 Pria

“Kita mendapatkan laporan ada perempuan melahirkan siang, lalu langsung berkoordinasi untuk memberangkatkan tim saat itu juga,” kata anggota Tim BPBD Purbalingga, Slamet Ardiansyah, Senin 30 Januari 2023 dilansir tvOnenews. 

Seorang Perempuan Melahirkan di Pos Pendakian Gunung Slamet Purbalingga

Photo :
Ada Banyak Cerita! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Ungkap Proses Kelahiran Anak Perempuan Pertama

Perjalanan ke Pos 3, kata dia, tipikal jalurnya berupa tebing terjal. Cuaca saat itu juga dalam kondisi hujan, sehingga tim SAR harus berhati-hati, termasuk memperhitungkan jika harus dilakukan evakuasi darurat.

Setelah berhasil menjangkau Pos 3, tim mengevakuasi perempuan bernama Sartini (35), warga Kutabawa, Karangreja, Purbalingga dengan kain dan ditandu. Sementara sang bayi yang baru lahir, digendong dengan kain. 

Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas Usai Ngamar Bareng 2 Pria di Hotel Jaksel

Sartini yang berprofesi sebagai pedagang makanan di jalur pendakian dalam kondisi baik setelah melahirkan. Proses kelahiran dibantu teman pedagang lain dan sejumlah pendaki. Bayi laki-laki yang baru dilahirkan juga dalam kondisi sehat dan baik. 

Setelah dievakuasi, Sartini dan bayi langsung diperiksa tim medis yang sudah bersama di pos satu. Setelah semua dipastikan dalam kondisi baik, ibu dan bayi dibawa ke Puskesmas terdekat untuk diberi perawatan.

Dari hasil pemeriksaan medis sementara, tidak ada penanganan lebih lanjut yang diperlukan survivor. Oleh sebab itu, usai menjalani pemeriksaan Sartini dan bayinya langsung diantarkan ke rumahnya.

Seorang Perempuan Melahirkan di Pos Pendakian Gunung Slamet Purbalingga

Photo :

Evakuasi seorang perempuan yang melahirkan anaknya di Pos 3 Pendakian tersebut di unggah oleh akun Instagram @humaspolrespurbalingga.

Dalam unggahannya tersebut terlihat beberapa Tim Sar, polisi, dan sejumlah para pendaki ikut mengevakuasi perempuan tersebut.

“Polsek Karangreja bantu evakuasi seorang ibu yang melahirkan di warung pos 3 jalur pendakian gunung Slamet,” tulis dalam keterangan video tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya