Kini Warga di Banten Lebih Mandiri Lewat Usaha Pertambakan Ikan dan Pertanian

Tambak ikan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Relawan Gardu Ganjar tengah menjalankan program berupa usaha pertambakan ikan dan pertanian untuk masyarakat di sejumlah kecamatan di wilayah Banten.

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Andre, salah satu perwakilan dari Gardu Ganjar mengatakan program pertambakan ikan dan pertanian itu dilakukan di Kecamatan Kopo dan Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang.

"Kemudian dilakukan juga di Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak," ujar dia dalam siaran persnya, Kamis, 16 Februari 2023.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

Menurut dia, usaha pertambakan ikan dan pertanian itu diharapkan bisa memenuhi kebutuhan warga sehari-hari. "Harapan kami, warga bisa menjadi lebih mandiri dengan adanya pertambakan ikan dan pertanian ini," kata dia.

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

Adapun jenis pertambakan ikan yang diberikan berupa ikan lele, ikan mas, dan ikan nila. Menurut dia, program peningkatan ekonomi desa yang dilakukan warga binaan Gardu Ganjar telah berjalan selama dua bulan sejak Desember 2022.

Program itu tersebar di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Serang dan juga wilayah lainnya di Provinsi Banten.

Asep (34), salah satu warga yang menjadi binaan Gardu Ganjar mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan dari relawan Gardu Ganjar.

"Dengan adanya usaha pertambakan ikan dan pertanian, warga bisa mandiri dan kuat secara ekonomi," kata dia.

"Kami sangat terbantu dengan bantuan yang diberikan, karena warga kini punya usaha mandiri untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari," sambung Asep.

Kemudian untuk membuka lahan pertanian, sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo itu turut membagikan bibit cabai serta timun suri secara cuma-cuma.

Kini, pertanian yang dijalankan warga sudah berkembang dan hanya menunggu hasil panen untuk beberapa pekan ke depan.

"Kami berharap bantuan bibit ikan dan bibit pertanian cabai serta timun suri yang diberikan makin berkembang dan warga menjadi mandiri secara ekonomi," pungkas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya