Rombongan Kapolda Jambi Rusdi Hartono Belum Bisa Dievakuasi 

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto
Sumber :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)

VIVA Nasional - Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono sampai saat ini belum bisa dievakuasi dari hutan bukit Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Jambi. 

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Rusdi Hartono awalnya berangkat bersama rombongan jajaran Polda Jambi pakai helikopter jenis Super Bell 3001 tujuan ke Kota Sungai Penuh untuk melaksanakan kunjungan kerja, peresmian Kantor SPKT Polres Kerinci serta pengamanan kunjungan mantan Wapres Jusuf Kalla di Kerinci, namun karena faktor cuaca, helikopter langsung mendarat darurat di hutan bukit, Tamiai. 

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto saat dikonfirmasi mengatakan terkait helikopter yang membawa Kapolda Jambi belum bisa dievakuasi karena faktor cuaca selalu berubah yaitu berkabut di lokasi. 

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

"Ya sampai saat ini belum bisa dievakuasi karena faktor cuaca," ujarnya, Senin (20/2) sore.

Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi mendarat darurat di hutan.

Photo :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution (Jambi)-tangkapan layar video.
2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Mulia menyebutkan, untuk saat ini para rombongan tim darat sudah sudah ada yang sampai dan di lokasi juga sudah ada tim baik dari Basarnas, Brimob maupun Dokkes untuk melakukan pengobatan kepada rombongan Kapolda Jambi. 

"Untuk saat ini pertolongan untuk mengevakuasi rombongan Kapolda Jambi melalui Helikopter belum bisa dievakuasi karena faktor cuaca," jelasnya, Senin, 20 Februari 2023.

Mulia mengatakan, untuk pihak Dokkes sudah turun untuk bantu Kapolda dan rombongan supaya bisa fit dan tidak drop di tempat lokasi kejadian dan helikopter yang ke lokasi mengalami kendala yaitu jarak pandang tidak memungkinkan, sehingga helikopter terus berputar putar dan kembali ke Merangin karena tidak bisa tembus ke titik koordinat.

"Sempat komunikasi melalui HT dan kondisi Kapolda Jambi mengalami luka dan rencana helikopter akan berangkat lagi Selasa pagi, 21 Februari 2023," katanya. 

Diketahui, Helikopter Jenis Super Bell 3001 yang ditumpangi oleh Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono, Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol. Andri Ananta Yudistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Pol. Michael Mumbunan, Koorspri Kompol Ayani dan ADC Polda Jambi, Minggu siang, 19 Februari 2023, sekitar pukul 11.02 WIB mendarat darurat di hutan bukit Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya