Polri Antisipasi Hewan Buas Selama Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi

Personel Basarnas Jambi menggunakan sepeda motor trail dari Minggu sore hingga malam, 19 Februari 2023, untuk menjangkau lokasi helikopter jatuh yang membawa Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan tujuh orang lainnya.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional - Proses evakuasi terhadap rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono jadi fokus perhatian tim gabungan. Salah satunya mengantisipasi ancaman hewan buas saat proses evakuasi.

37 Penyandang Disabilitas Daftar Rekrutmen Bintara Polri

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan tim evakuasi gabungan sudah mengantisipasi ancaman tersebut.

Menurut dia, tim gabungan baik Brimob Polda Jambi maupun personel TNI Angkatan Udara juga berada di lokasi kejadian usai menemukan rombongan Kapolda Jambi.

Satgas Pangan Blak-Blakan Soal Penyebab Gagal Panen Bawang Merah di Brebes

“Hewan buas kita antisipasi. Anggota Brimob di sana memiliki peralatan untuk melindungi korban yang saat ini menjadi fokus evakuasi,” kata Dedi di Mabes Polri, Senin, 20 Februari 2023.

Dedi menyampaikan di lokasi rombongan Kapolda Jambi ada sekitar 20 orang disertai peralatan-peralatan yang memadai. Memang, kata dia, fokusnya sekarang melakukan pertolongan pertama medis di lokasi terutama kondisi Kapolda Jambi yang alami luka berat ketimbang lainnya.

Polri Bakal Pindahkan Personel ke IKN Mulai Pertengahan 2024

“Sampai saat ini kita masih fokus medis, mendirikan tenda, api unggun, makanan minuman obat-obatan cukuplah,” ujarnya.

Menurut dia, tim kedokteran sedang melakukan perawatan terhadap Kapolda Jambi dan rombongan lainnya. 

“2 dari kedokteran kepolisian, saat ini tim kedokteran kepolisian sedang melaksanakan perawatan medis atau memberi pertolongan pertama pada korban, khususnya Pak Kapolda,” ujarnya.

Irjen Dedi Prasetyo sebelumnya mengatakan bantuan untuk kegiatan evakuasi rombongan Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono sudah mulai berdatangan pada Senin, 20 Februari 2023. Diketahui, helikopter yang ditumpangi Irjen Rudi dan rombongan mendarat darurat.

“Ya, bantuan pagi tadi sudah diterima oleh rombongan Kapolda,” kata Dedi di Mabes Polri.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo

Photo :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

Dia menjelaskan, tim evakuasi darat sebanyak 12 orang dipimpin langsung Kapolres Kerinci AKBP Patria Yudha Rahadian. Tim evakuasi masuk melalui jalur masuk Desa Jembatan Payung, Batang Merangin, Kabupaten Kerinci.

“Sekira Pukul 02.00 Wib, Tim evakusai mengalami trouble sebanyak 3 orang yang mengalami keram kaki. Dan, dilanjut 9 orang menuju Titik Helly dan rombongan Bapak Kapolda yang mana pada saat itu jarak menuju lokasi sekitar 2 kilometer lagi,” ujarnya.

Lalu, dia mengatakan, sekira pukul 04.00 Wib, tim evakuasi darat berhasil menemukan rombongan Kapolda. Kemudian, memberikan bantuan tambahan makanan, selimut dilanjut dengan melalui Helly Direktorat Polisi Airud.

“Saat ini Tim Evakuasi Udara yang dipimpin Wadansat Brimob Polda Jambi AKBP Boi Sutan Binaga Siregar sedang dalam perjalanan untuk menuju lokasi evakuasi Bapak Kapolda. Selanjutnya, direncanakan untuk evakuasi sementara menuju Rumah Sakit Sungai Penuh Kabupaten Kerinci sebelum diterbangkan menuju Rumah Sakit di Jambi,” ujarnya.

Kepala Bidang Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto menyampaikan kondisi rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi dan rombongan selamat usai pendaratan darurat di tengah hutan. Helikopter yang ditumpangi Irjen Rudi dan rombongan dikabarkan mendarat darurat di sebuah Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Jambi pada Minggu, 19 Februari 2023.

Informasi yang diperoleh, Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono bersama rombongan hendak menuju ke Kabupaten Kerinci. Mereka dijadwalkan melakukan kunjungan ke Kerinci untuk meresmikan Gedung baru SPKT Polres Kerinci pada Minggu.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya