Dosen UII Ternyata Delapan Kali Bolak-balik AS, Polri Belum Terbitkan Yellow Notice

Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Ahmad Munasir Rafie Pratama
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Ahmad Munasir Rafie Pratama dikabarkan hilang sejak pertengahan bulan Februari 2023. Ia dikabarkan hilang setelah mengikuti kegiatan dari kampus UII.

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

Ahmad Munasir dikabarkan terakhir tengah berada di Boston, Amerika Serikat. Namun, belum dapat dipastikan Ahmad Munasir hilang atau memang sengaja berpisah dengan rombongan.

Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, Irjen Pol Krishna Murti mengatakan bahwa Ahmad Munasir terdeteksi oleh polisi telah melakukan keluar masuk negara Amerika Serikat sebanyak delapan kali dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan.

520 Warga Palestina Tewas, Terluka dan Hilang di Jalur Gaza dalam Waktu Seminggu

"Kita punya list keluar masuk yang bersangkutan ke Amerika selama beberapa tahun terakhir, kurang lebih delapan kali kita dapatnya. PhD- nya juga kan di Amerika," ujar Krishna Murti kepada wartawan, Selasa 21 Februari 2023.

Krishna Murti pun mengatakan bahwa Polri masih belum dapat memproses penerbitan yellow notice bagi orang hilang. Pasalnya, Ahmad Munasir diketahui sudah memesan tiket pesawat dari Istanbul Turki menuju Boston Amerika saat dirinya masih berada di Jakarta.

Ribuan Rumah Terendam, 4 Jembatan Putus dan 1 Orang Hilang Akibat Banjir di Sumsel

"Ada bukti elektronik yang bersangkutan memesan pesawat Istanbul-Boston sebelum berangkat dari Jakarta, baru ditemukan, setelah katanya hilang," kata Krishna Murti.

"Kalau menyatakan orang hilang itu kalau di polisi itu butuh paling tidak 3x24 jam. Kemudian butuh dilaporkan," lanjutnya.

Krishna Murti menjelaskan bahwa sejauh ini Polri pun tetap berkoordinasi dengan sejumlah instansi atau lembaga yang berhubungan dengan keluar masuknya Warga Negara.

"Kita koordinasi sama semua KBRI baik Oslo, Ankara, Amerika. Itu ada bukti otentik juga bahwa yang bersangkutan masuk ke Boston tanggal 13 februari, dan itu dikeluarkan oleh CBP custom and border protection Amerika," kata dia.

Dosen UII Dikabarkan Hilang di Luar Negeri

Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) bernama Ahmad Munasir Rafie Pratama dilaporkan hilang sejak pertengahan Februari 2023. Sebelum dilaporkan hilang, Ahmad sempat mengikuti rangkaian aktivitas mobilitas global di University of South Eastern Norway (USN) Norwegia bersama tim UII.

Rektor UII Fathul Wahid mengatakan kegiatan ke Norwegia ini merupakan bagian mempererat hubungan antara UII dengan USN Norwegia. Fathul merinci ada empat orang yang bergabung dalam tim UII yang berangkat ke USN Norwegia. Dari empat orang ini dua di antaranya adalah Fathul dan Ahmad.

Fathul menerangkan bahwa tim UII tiba di Norwegia pada 5 Februari 2023. Selama sepekan, tim berada di Norwegia setelahnya pada 12 Februari 2023, tim bertolak dari Norwegia kembali ke Indonesia.

"Ahmad terbang sendirian dalam penerbangan kembali ke Indonesia lewat Istanbul. Ahmad sempat mengirimkan pesan ke istrinya pada 12 Februari 2023 siang, beberapa saat sebelum naik pesawat ke Istanbul. Pesan Ahmad ini bunyinya 'menunggu boarding'," kata Fathul, Sabtu, 18 Februari 2023.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya