Kapolda Papua: Lokasi KKB Tempat Penyanderaan Pilot Susi Air Sudah Diketahui

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Mapolda Papua
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA – Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menyatakan aparat gabungan TNI-Polri telah mengetahui lokasi kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya yang melakukan penyanderaan terhdap Pilot Susi Air Capt Philip Mehrtens. 

Kondisi Mayat Perempuan Dalam Koper di Cikarang Bekasi: Kepala Remuk Bibir Pecah

“Lokasi mereka berada kita sudah ketahui, namun harus memerlukan waktu untuk melakukan penegakan hukum terhadap mereka. Saya kemungkinan akan bergabung bersama Satgas Damai Cartenz untuk melihat bagaimana langkah-langkah dan persiapan penanganan pada lokasi yang nantinya akan dilakukan penegakan hukum tersebut,” ucap Kapolda, Kamis, 23 Pebruari 2023.

Menurutnya, pihaknya membutuhkan waktu agar pihaknya bersama personel TNI dapat lebih mempersiapkan penyelamatan pilot Susi Air serta mengevaluasi apa saja faktor-faktor dan sebab akibat apabila dilakukan penegakan hukum di wilayah tersebut.

Siswa SMKN di Nias Selatan Tewas Diduga Aniaya, Kepala Sekolah Jadi Tersangka

Pesawat Susi Air dibakar kelompok KKB, Polisi olah TKP

Photo :
  • ANTARA

“Tentunya ini harus dipikirkan karena kami tidak mau adanya ekses lain dari kelompok seberang yang nantinya mengangkat isu atau informasi baru yang tentunya tidak sesuai dengan yang terjadi di lapangan seperti HAM dan lainnya,” tegasnya.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Kapolda juga menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan penegakan hukum dengan cermat dan teliti serta tepat sasaran, namun tetap dengan memperhitungkan faktor keselamatan dan kemanusian terlebih terhadap Pilot Susi air yang saat ini masih di tangan KKB Egianus Kogoya.

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Kapolda menjelaskan, Polda Papua bersama aparat TNI hingga saat ini terus melakukan evaluasi dan monitoring setiap pergerakan Kelompok Kriminal Bersenjata Pimpinan Egianus Kogoya dalam rangka upaya pembebasan Pilot Susi Air tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya