Cerita Tim SAR Temukan Jejak Harimau saat Evakuasi Kapolda Jambi

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan rombongan mendarat darurat di hutan
Sumber :
  • tvOne

VIVA Nasional – Salah satu Tim SAR gabungan dari anggota Brimob Ipda Rahman membagikan kisahnya saat melakukan evakuasi Kapolda Jambi Rusdi Hartono dan rombongan saat malam hari di Hutan Tamiai, Kerinci, Jambi. 

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Rahman bercerita suhu malam hari di Hutan Tamiai sangat dingin, dia memperkirakan dapat mencapai 10 derajat celcius. Cerita soal harimau yang mandiami kawasan hutan itu pun sudah mereka ketahui sebelumnya.

VIVA Militer:Kapolda Jambi dievakuasi prajurit Kopasgat dengan Super Puma TNI AU

Photo :
  • Dispenau
Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

"Saat situasi malam hari di tempat kejadian gelap gulita dan suhu dingin kurang lebih 10 derajat dan kita juga usahakan membuat api pemanas di tempat kejadian,” ujar Rahman, dikutip VIVA Jumat, 24 Februari 2023

“Saat malam hari kami menggunakan formasi pengamanan yaitu setiap jalur masuk jalan setapak kami ada di sana," sambungnya

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Menemukan jejak harimau

Rahman mengakui keberadaan tanda- tanda satwa di lokasi kejadian. Hal itu diperkuat dengan penemuan jejak harimau ketika Tim SAR mengambil air yang berjarak 2 kilometer dari lokasi kejadian.

"Saat mau ambil air tidak ada jejak, namun saat balik ada jejak Harimau," terangnya.

Menyadari lokasi kejadian helikopter mendarat darurat adalah daerah TNKS yang merupakan tempat lalu lintas hewan. Rahman dari Brimob, dua anggota Dokkes, dan dua Basarnas langsung bergerak cepat mengevakuasi rombongan Kapolda Jambi.

"Alhamdulillah, setelah kami dapatkan para korban yakni rombongan Kapolda Jambi kami langsung evakuasi cepat,” jelasnya

Diketahui, Helikopter Jenis Super Bell 3001 itu ditumpangi oleh Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono, Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol. Andri Ananta Yudistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Pol. Michael Mumbunan, Koorspri Kompol Ayani dan ADC Polda Jambi mendarat darurat di hutan bukit Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Jambi, Minggu, 19 Februari 2023, sekitar pukul 11.02 WIB.

Kini Rombongan Kapolda Jambi dalam perawatan di rumah sakit di Jambi, sementara Kapolda Jambi Rusdi Hartono dan ajudan dirawat di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta.

Kapolda Riau Irjen Iqbal saat besuk Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono.

Photo :
  • Istimewa
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya