Update Kebakaran Depo Pertamina Plumpang: 17 Orang Termasuk Anak-anak Tewas

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang
Sumber :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA Nasional – Sebanyak 17 orang dilaporkan tewas dan 50 lainnya luka akibat kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, pada Jumat malam, 3 Maret 2023, kata Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara Rahmat Kristanto.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

"Korban meninggal [dunia] 14 orang dewasa plus 2 anak," kata Rahmat dalam keterangan tertulis, Jumat malam.

Korban luka akibat kebakaran itu sebanyak 49 orang dewasa dan 1 anak.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Pemadam kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Photo :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham

Aparat gabungan masih berupaya memadamkan kebakaran dan mengevakuasi para korban. Dinas Gulkarmat Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta mengerahkan 45 unit pemadam kebakaran dan 225 personel.

Kasus Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas di Dalam Hotel, Polisi Tangkap 2 Pria

Dari insiden tersebut diketahui banyak warga yang dievakuasi menjauh dari lokasi kebakaran. Bahkan banyak di antaranya yang dilarikan ke rumah sakit terdekat karena mengalami luka bakar yang serius dan gangguan pernapasan.

"Masyarakat yang berada di sekitar TKP, mohon bantuannya untuk mempermudah proses evakuasi dan pemadaman karena jalan juga minim, tolong beri akses," kata Gidion.

Ketua PMI Jakarta Utara, Rijal, menyebutkan kurang lebih ada 100 orang pengungsi di markas PMI Jakarta Utara.

Tangkapan layar kebakaran pipa penerimaan BBM di Terminal Terintegrasi BBM Plumpang, Jakarta Utara, Jumat malam, 3 Maret 2023.

Photo :
  • ANTARA

Berdasarkan informasi Command Center Damkar, sebuah pipa bensin Pertamina mengalami kebakaran hebat. Akibatnya, api dan asap besar terlihat membumbung tinggi hingga membuat langit di sekitarnya menjadi gelap karena tertutup asap hitam.

"Penanganan terakhir Sudin Gulkarmat Jakarta Utara mengerahkan 18 unit pemadam dengan 90 personil," demikian pernyataan Command Center Damkar pada malam ini.

Petugas masih berjibaku melakukan pemadaman terkait kebakaran ini. Kebakaran itu terjadi di Pipa bensin Pertamina yang berlokasi di Jalan Tanah Merah Bawah RT012/09 Koja, Jakarta Utara. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya