KPK Tegaskan Pejabat Pajak Dilarang Merangkap sebagai Konsultan

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menyisir pejabat-pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak yang merangkap sebagai konsultan pajak. Sejauh ini, lembaga antirasuah menemukan 134 pejabat yang memiliki saham di 280 perusahaan. 

Terpopuler: Gempa Garut, Dewas Bongkar Perilaku Wakil Ketua KPK, Keluarga Polisi ke Jakarta

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan menegaskan, pejabat Ditjen Pajak dilarang menjadi konsultan selagi masih aktif ASN. Namun berbeda jika sudah pensiun. "Kalau masih aktif itu jelas enggak boleh," kata Pahala kepada awak media, Kamis, 9 Maret 2023.

Dalam masalah ini, menurut Pahala, pihaknya sudah bekerja sama dengan PPATK dan stakeholders lainnya. Kerja sama antar lembaga dilakukan untuk memaksimalkan pelacakan. "Kami tukar-tukar informasi ke PPATK, Ditjen AHU, Irjen Kemenkeu terkait informasi ini," kata Pahala.

Sri Mulyani Buka Suara soal Harga Sepatu Rp 10 Juta Kena Pajak Rp 31 Juta

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan

Photo :
  • KPK

Pahala meenambahkan, kepemilikan saham oleh pejabat pajak ini sangat berbahaya jika perusahaannya bergerak sebagai konsultan pajak. Celah korupsi sangat terbuka lebar.

Kaum Mendang-mending Jangan Kaget dengan Harga Mobil Listrik BMW i5, Incar Pejabat dan Sultan

"Bukan berarti yang lain engga berisiko, berisiko juga, tapi ini (konsultan pajak) yang paling tinggi risikonya. Kira-kira jalannya begini, apa sih risiko dari pegawai pajak? Dia berhubungan dengan wajib pajak dan risiko korupsinya," katanya. 

Para Tersangka Kasus Pungli Rutan KPK, Termasuk Karutan Achmad Fauzie

KPK Nonaktifkan Rutan POM AL dan Pomdam Jaya Guntur Buntut Kasus Pungli

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, menonaktifkan dua rumah tahanan (Rutan), buntut dari kasus dugaan pemungutan liar alias pungli yang terjadi di dalam rutan tersebut

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024