Momen Menkumham Yasona Pamer Produk Kreasi Napi ke Dubes Negara Tetangga

Menkumham Yasonna Laoly perlihatkan produk kreasi napi ke dubes tetangga.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly memamerkan produk warga binaan ke sejumlah Duta Besar (Dubes) dan perwakilan negara sahabat. Momen tersebut dilakukan Yasonna saat kegiatan Pekan Olahraga Pemasyarakatan di Lapas Kelas IIa Narkoba Cipinang.

72 Narapidana Terorisme Ucapkan Ikrar Setia NKRI

Yasonna menyampaikan terima kasihnya atas kehadiran para duta besar sebagai bentuk kontribusi dan dukungan dari negara sahabat dalam pelaksanaan fungsi lembaga pemasyarakatan di Indonesia. 

Menurut dia, warga binaan wajib diperlakukan sebagai manusia yang memiliki hak asasi sama seperti lainnya. Meskipun mereka punya keterbatasan di balik jeruji besi.

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham

“Di momen ini, kita juga dapat bersama-sama melihat langsung hasil produktivitas warga binaan. Kita dapat menyaksikan produk-produk karya mereka memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk di luar," kata Yasonna, dalam keterangannya, yang dikutip pada Minggu, 12 Maret 2023. 

Yasonna bilang sejumlah produk karya warga binaan sudah diekspor ke berbagai negara. Yasonna pun mengapresiasi jajarannya yang menginisiasi dan mempersiapkan penyelenggaraan kegiatan tersebut. 

442 Narapidana Lapas Sumbawa Besar Terima Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 2024

Menkumham Yasonna Laoly perlihatkan produk kreasi napi ke dubes tetangga.

Photo :
  • Istimewa

Bagi dia, sistem pemasyarakatan bisa berhasil karena elemen yang berkolaborasi. Ia menyebut elemen tersebut melibatkan warga binaan, petugas pemasyarakatan, dan masyarakat umum termasuk stakeholders.

“Pemasyarakataan tidak mungkin dapat bekerja sendiri, tentu kami memerlukan support dari stakeholders, terutama bapak/ibu yang hadir saat ini, para duta besar negara sahabat yang kami banggakan," ujar politikus PDIP tersebut.

Adapun langkah Kemenkumham yang menggelar kegiatan Pekan Olahraga Pemasyarakatan diapresiasi beberapa dubes yang hadir. Salah satunya Dubes Jerman untuk RI, Ina Lepel yang menilai langkah Ditjen Pas Kemenkumham sebagai cara bagus untuk para warga binaan. 

"Memang para napi harus diberi kesempatan seperti ini. Kami senang bisa dilibatkan dalam kegiatan ini. Semoga ini bisa dilaksanakan di seluruh lapas di Indonesia," kata Ina.

Hal senada disampaikan Dubes Hungaria, Lilia Karsay. Dia merasa bangga bisa ikut serta dalam kegiatan Pekan Olahraga Pemasyarakatan di Lapas Cipinang. "Ini kegiatan yang baik, semoga bisa diteruskan," ujarnya.

Dalam acara tersebut, ada 49 duta besar dan perwakilan dari negara sahabat yang hadir di antaranya Duta Besar Mesir, Venezuela, UEA, Hungaria, Saudi Arabia, Qatar, Tunisia, Thailand, Ukraina, Italia, Kenya, Nigeria, Belanda, Singapura, hingga Jerman. Selain itu, ada juga perwakilan dari negara sahabat seperti kawasan Asean.

Dalam kegiatan tersebut para duta besar diajak melakukan  eksebisi pertandingan minisoccer melawan tim warga binaan dan stakeholder Pemasyarakatan.  Selain itu, para dubes diajak dalam permainan tradisional seperti balap karung, balap bakiak, permainan bambu gila, dan dansa poco-poco.

Yasonna menuturkan kegiatan Pekan Olahraga di Lembaga Pemasyarakatan Narkoba Cipinang ini bukan merupakan pertama. Ia mengatakan akan dilakukan juga di lapas-lapas seluruh Indonesia. 

"Tujuan dari kegiatan ini untuk menunjukkan pada masyarakat luas, bahwa kehidupan di lapas tak semengerikan seperti yang dibicarakan di luaran," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya