Eks Menkeu Frans Seda Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Serah terima buku tentang Frans Seda
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Keluarga Besar Maumere Jakarta Raya (KBM Jaya) mendorong sosok Eks Menkeu Franciscus Xaverius Seda atau Frans Seda sebagai pahlawan nasional. Ketua Umum KBM Jaya, Petrus Selestinus mengatakan, Karya dan pengabdian Frans Seda sudah teruji dalam bidang keuangan, perkebunan dan transportasi.

Pemprov DKI Jakarta Raih Penghargaan 3 Provinsi Terbaik, Wujudkan Kota Berketahanan

Petrus juag telah menerima buku yang mengulas tentang sosok Frans Seda. Dari sejarah yang ada, Frans Seda sangat layak untuk dijadikan Pahlawan Nasional.

"Buku ini merupakan salah satu bagian dari sejumlah upaya untuk mewujudkan Frans Seda sebagai pahlawan nasional. Secara prosedur dan administrasi kenegaraan sudah dilakukan oleh tim khusus bersama jajaran pemerintah daerah NTT dan Kabupaten Sikka," kata Petrus, dalam keterangannya, Jumat, 31 Maret 2023.

Banyak Bekas Kondom Berserakan, Pemprov Jakarta Dirikan Posko di RTH Jakbar

Politisi senior PDIP Frans Seda

Photo :
  • imageshack.com

Petrus juga berharap semua pihak ikut mendukung upaya agar Frans Seda ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Apalagi Frans Seda merupakan sosok yang banyak berkontribusi bagi Indonesia.

Pemprov DKI Siapkan 5 Juta Blanko e-KTP untuk Pemilih Pemula di Pilkada 2024

Putri Frans Seda, Ery Seda, memberikan apresiasi atas langkah KBM Jaya dan inisiatif dari pihak penerbit buku. Dia berharap apa yang dilakukan KBM Jaya dan pihak penerbit ini memperkuat usulan yang sudah disampaikan ke Kementerian Sosial. 

"Usulan ini pernah disampaikan oleh Pemprov NTT pada tahun 2012 lalu. Semoga kali ini bisa lebih memperkuat berbagai persyaratan yang diminta. Saya juga sudah menerima laporan dari tim pengusul bersama Pemprov NTT sudah menyerahkan semua dokumen pada Senin 27 Maret 2023 lalu,” ujar Ery yang juga dosen Universitas Indonesia (UI) ini.

Sementara itu, Capt. Marcellus Hakeng sebagai salah satu tokoh muda di NTT memberikan penekanan khusus perihal warisan yang diberikan KBM Jaya bagi anak-anak muda yang belum mengenal dan belum pernah berinteraksi langsung dengan sosok Frans Seda. 

"Semoga dengan kehadiran buku ini bisa menambah wawasan dan cakrawala tentang siapa Frans Seda, dan kenapa kita Bangsa Indonesia harus menjadikan Frans Seda sebagai Pahlawan Nasional," ujar Hakeng.

Pemakaman Frans Seda

Photo :
  • ANTARA/M.Ali Khumaini

Menurut Hakeng, saat ini dokumen usulan nama Frans Seda sebagai pahlawan nasional telah sampai ke Kemensos. "Dokumen ini berupa 5 buku yang dicetak masing-masing 17 eksemplar. Seluruhnya dibawa oleh perwakilan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi NTT dan Dinsos Kabupaten Sikka," pungkas Hakeng.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya