Warga Berhamburan Keluar Akibat Gempa Bumi Magnitude 6,4 Guncang Padangsidimpuan

Gempa bumi dengan kekuatan magnitude 6,4 terjadi di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Senin malam, 3 April 2023, sekitar pukul 21.59 WIB.
Sumber :
  • BMKG.

VIVA Nasional – Gempa bumi dengan kekuatan magnitude 6,4 terjadi di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Senin malam, 3 April 2023, sekitar pukul 21.59 WIB. Data tersebut, berdasarkan dari Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan.

BMKG Reveals Reason for Recent Heatwave in Indonesia

"Informasi gempa Mag:6.4, 03-Apr-23 21:59:43 WIB, Lok:0.86 LU,98.73 BT atau 82 km barat daya Padangsidempuan, kedalaman 102 km," tulis petugas BBMKG Wilayah I Medan, di grup media Info BMKG SU, dikutip VIVA, Senin malam, 3 April 2023.

Gempa ini, juga dirasakan di Kabupaten Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, dari Provinsi tetangga, Kota Padang, Sumatera Barat. Namun, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Panas di Indonesia: Bukan Gelombang Panas

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Photo :
  • ANTARA

Gempa dirasakan di Kabupaten Tapanuli Tengah membuat warga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Untuk guncangan sangat dirasakan oleh masyarakat.

Gunung Ile Lewotolok Terjadi 94 Kali Gempa Embusan, Menurut Pos Pengamatan

“Sekitar 10 sampai 20 detik. Semua bergoyang,” kata seorang warga Tapanuli Tengah, Adil Nugraha, Senin malam, 3 April 2023.

Adil mengungkapkan untuk sementara ini, bertahan di luar rumah untuk mengantisipasi gempa susulan yang terjadi nantinya.

Sementara itu, warga Pasar V, Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Wira mengaku guncangan gempa bumi, sangat dirasakan. Warga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Dia mengatakan sampai pukul 22.17 warga masih berada di luar rumah. Saat gempa, warga berlarian menuju titik aman. 

“Karena dekat laut, kami khawatir terjadi apa-apa,” kata Wira.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya