Fakta-fakta Latihan Jet Tempur HUT TNI AU Hingga Anggota Kopasgat Meninggal saat Terjun Payung

Latihan Jet Tempur HUT TNI AU
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) akan melaksanakan demo udara pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 TNI AU pada 9 April 2023.

Deretan Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia

Di acara yang akan datang tersebut TNI AU telah melakukan latihan hingga pendatangan pesawat tempur. Berikut deretan fakta mengenai Latihan Jet Tempur HUT TNI AU yang VIVA rangkum dari berbagai sumber:

Pesawat Tempur yang Terlibat

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

Latihan Jet Tempur HUT TNI AU

Photo :
  • Dispenau

Pesawat tempur yang terlibat terdiri dari 18 F-16, 4 Sukhoi SU-27/30, 9 EMB-314 Super Tucano, dan 5 T-50i Golden Eagle. Sementara pesawat transport terdiri dari 9 C-130 Hercules, 5 CN-295/235, 5 C-212, 3 Boeing 737, 2 Falcon 7X/8X, 3 Cessna-172, 6 Paramotor, dan 2 Trike.

Intip Kecangihan Jet Tempur Sukhoi SU 35 Rusia yang akan Dikirimkan ke Iran

Sedangkan helikopter terdiri dari 6 EC-120 B Colibry, 2 NAS-332, 2 EC-725 Caracal, dan 1 AS-365. Selain itu juga ada 7 pesawat aerobatik jenis KT-1B.

Total Personel

Sementara total personel yang terlibat berjumlah 3.693 orang, terdiri dari 1070 pilot dan ground crew demo udara, 397 prajurit demo darat, dan 2.227 personel pasukan upacara.

Diketahui, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo telah meninjau langsung gladi kotor dan memberikan pengarahan kepada kru pesawat yang terlibat demo udara dan personel upacara HUT ke-77 TNI AU di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa, 4 April 2023.

Fadjar meminta semua prajuit TNI AU yang terlibat dalam upacara peringatan HUT ke-77 TNI AU dapat menunjukkan penampilan terbaik untuk TNI AU sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada rakyat dan bangsa.

Gladi Bersih

VIVA Militer: Upacara penyematan Wing Penerbang Kehormatan Kelas I TNI AU

Photo :
  • Dispenau

Puncak upacara peringatan HUT ke-77 TNI AU akan dilaksanakan pada Minggu 9 April 2023 dengan jumlah undangan sebanyak 2.805 orang.

Gladi bersih dan pelaksanaan upacara juga terbuka untuk umum. Masyarakat yang ingin menyaksikan di Lanud Halim Perdanakusuma dapat melalui empat akses, yaitu pintu pos provost Kali Malang, pintu provost pos lama Makassar, pintu pos provost Dirgantara I Jalan Raya Pondok Gede, dan pintu pos Gapura.

Anggota Kopasgat Meningal

VIVA Militer: KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Lanud Halim Perdanakusuma

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Anggota TNI, Sertu Agung Dwano mengalami kecelakaan saat latihan terjun payung pada, Rabu, 5 April 2023. Akibat peristiwa ini, Agung dinyatakan meninggal dunia.

"Sertu Agung Dwano Karisma, prajurit Kopasgat yang mengalami accident saat terjun boogie pada gladi kotor 2, upacara peringatan HUT ke-77 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma," demikian keterangan resmi dari Dispenau.

Jenazah Sertu Agung selanjutnya dilepas dengan upacara militer yang dipimpin Dankopasgat Marsda TNI Wahyu Hidayat, di Lanud Halim Perdanakusuma. Jenazah telah diterbangkan menggunakan pesawat CN-235 TNI AU ke Lanud Husein Sastranegara, untuk dimakamkan di Soreang, kabupaten Bandung.

Saat memimpin pelepasan jenazah, Komandan Kopasgat, menyatakan duka cita yang mendalam atas musibah yang dialami Sertu Agung. "Accident yang dialami Sertu Agung, terjadi saat prajurit Pasgat ini menjalani sesi latihan terjun boogie bersama prajurit Kopasgat," ucapnya. 

Sesaat setelah mengalami kecelakaan, Sertu Agung sempat dibawa ke Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Esnawan, Jakarta, dan mendapatkan pertolongan medis. Namun, nyawanya tetap tidak tertolong.

Atas musibah ini, TNI AU sedang melakukan penyelidikan intensif untuk mengetahui penyebab kecelakaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya