Pakai Pupuk Organik, Jokowi: Biasanya Rp 6 Juta Perhektare, Ini Hanya Rp 500 Ribu

Presiden Jokowi tinjau panen raya padi di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo, melakukan penanaman padi bersama petani di Tuban, Jawa Timur pada Kamis, 6 April 2023, dalam kunjungan kerja di provinsi tersebut. Tampak, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

PKB Pemenang di Jatim, Cak Imin Wajibkan Cagubnya Percaya Diri Lawan Khofifah Indar Parawansa

“Hari ini kita mulai menanam seperti di daerah-daerah yang lain setelah panen tidak diberi jeda karena masih ada air banyak dan segera ditanam,” kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Pada kesempatan itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku senang. Karena di sini memakai pupuk organik yang dilakukan serikat petani Indonesia hampir 3 tahun kurang lebih 1.000 hektar. 

Cak Imin Sebut Sosok Cagub Jatim dari PKB Harus Pede Lawan Khofifah: Kita Pertimbangkan Ketokohan

“Semuanya organik dan biaya untuk pupuknya yang biasanya per hektare bisa sampai Rp 5 sampai 6 juta per hektare, di sini hanya antara Rp 100 sampai Rp 500 ribu per hektare,” jelas Kepala Negara.

Untuk itu, ia berharap hal ini bisa dikembangkan di berbagai daerah lain. Harapannya, supaya mengurangi banyak biaya yang harus dikeluarkan petani dan tidak ketergantungan kepada pupuk-pupuk kimia. Sebab untuk bahan baku pupuk kimia, masih tergantung impor terutama dari Rusia dan Ukraina, yang saat ini masih terlibat perang.

Jokowi Teken UU Desa yang Baru, Kini Kepala Desa Dapat Uang Pensiun

“Sehingga jangan sampai ada keluhan, wah pak pupuknya sulit. Ya memang sulit, semua negara urusan pupuk memang sulit, tapi ada pilihan-pilihan dan ini sudah dimulai oleh serikat petani Indonesia. Saya kira bagus sekali dan hasilnya, hasilnya juga diawal memang agak turun sedikit tetapi setelah itu meningkat malahan. Ini yang bagus,” jelasnya.

Jokowi juga meminta agar dilakukan perbaikan lingkungan, ekosistem yang ada di Tuban menjadi tumbuh kembali. Karena menurut dia, cacing-cacing, belut hingga katak sudah mulai banyak. 

“Ini akan mulai lagi, ekologinya akan terperbaiki kembali,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur pada Kamis, 6 April 2023. Rencananya, Jokowi akan melakukan penanaman padi dan kegiatan lainnya.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara dan rombongan lainnya terbang menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1, dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Kemudian, Jokowi mendarat di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo.

Di Bandara Internasional Juanda, Jokowi dan Ibu Iriana disambut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf beserta istri, Kapolda Jawa Timur Irjen Toni Hermanto beserta istri, Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah beserta istri, dan Danlanud Kolonel Pnb Sugeng Budiono beserta istri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya