Malas Beraktivitas, Ini 6 Tips Agar Tetap Produktif di Bulan Ramadan

Ilustrasi beraktivitas di bulan puasa
Sumber :
  • Shutterstock

VIVA – Saat ini umat muslim di seluruh dunia tengah menjalani puasa Ramadan. Puasa Ramadan mewajibkan umat muslim untuk tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam lamanya.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Tidak dipungkiri bahwa mereka yang berpuasa selain merasakan lapar dan haus juga mengakibatkan tubuh cenderung kurang stamina. Tubuh pun menjadi lesu sehingga malas beraktivitas.

Lantas, bagaimana cara untuk menjaga kondisi fisik dan mood agar bisa tetap beraktivitas dan produktif selama berpuasa? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.
1. Lakukan Seluruh Pekerjaan Setelah Sahur
Setelah sahur, tubuh akan merasa berenergi. Gunakanlah waktu ini untuk melakukan pekerjaan yang paling banyak menguras tenaga dan paling penting di hari itu.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Selain itu, sejumlah studi juga menunjukkan orang-orang mampu berkonsentrasi lebih baik di pagi hari. Sehingga, kamu bisa menyelesaikan berbagai tugas dengan hasil yang lebih baik.

2. Buat To-Do-List
Mungkin kamu memiliki jadwal yang sangat padat sehingga tidak bisa mengerjakan seluruh aktivitas yang seharusnya dilakukan. Apalagi saat berpuasa, kamu mungkin terlalu capek dan lapar untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Untuk itu, buatlah daftar pekerjaan yang harus dilakukan, mulai dari yang paling prioritas hingga yang tidak mendesak. Dengan begitu, kamu bisa tetap beraktivitas dengan efisien dan produktif meski sedang berpuasa.

3. Buat Target Selama Ramadan
Memasang target yang ingin dicapai bisa memotivasi kamu untuk tetap aktif dan produktif selama berpuasa. Misalnya kamu ingin mengkhatamkan Al-Qur’an selama Ramadan, atau memanfaatkan momen puasa untuk membentuk tubuh yang ideal.

Agar target-target itu bisa tercapai, kamu bisa memecahnya menjadi target yang lebih kecil. Contohnya membaca 1 juz setiap malam agar bisa mengkhatamkan Al-Qur’an selama Ramadan, dan lain sebagainya. Target-target tersebut bisa membuat kamu terus bersemangat menjalani hari-hari selama berpuasa.

4. Istirahat yang Cukup
Puasa memang bukan halangan untuk tetap produktif. Kendati demikian, kamu sebaiknya tidak memaksakan diri dan memberikan tubuh waktu untuk beristirahat.

Pasalnya, istirahat yang cukup bisa membantu mengembalikan kesegaran tubuh sehingga kamu bisa kembali beraktivitas dengan optimal. Jika memungkinkan, luangkan waktu untuk tidur siang sejenak agar kamu memiliki energi yang cukup hingga waktu berbuka tiba.

5. Berbuka Puasa dengan Hidangan Ringan
Jangan jadikan saat berbuka sebagai pelampiasan dan menyantap makanan yang terlalu berat. Hal ini justru akan membuat kamu merasa begah dan malas beraktivitas setelah berbuka.

Makanlah hidangan seperti buah, sayuran, sup, puding, dan lain sebagainya agar tubuh kembali fresh sehingga kamu bisa melanjutkan beraktivitas.

6. Rencanakan Waktu untuk Santai
Bersantai sesekali perlu dilakukan agar pikiran dan mood bisa tetap terjaga. Apalagi saat berpuasa, tubuh yang lelah bisa membuat pikiran menjadi lebih mudah terbebani.

Kamu bisa mengisi waktu luang dengan berbagai kegiatan produktif, misalnya membaca buku atau novel. Kamu juga bisa mengisi waktu bersantai dengan browsing internet, menonton video lucu di YouTube, bermain game, dan lain-lain.

Agar waktu bersantai makin nyaman, kamu bisa memanfaatkan koneksi internet cepat dari IndiHome. Dengan IndiHome, kamu bisa berselancar tanpa lemot di dunia maya, nonton YouTube tanpa lag hingga bermain game dengan koneksi maksimal. Koneksi cepat dan stabil dari IndiHome bakal jadi teman yang pas buat kamu ngabuburit menunggu waktu berbuka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya