Yudi Purnomo: OTT Bupati Meranti Bukti Prestasi Brigjen Endar Sebagai Direktur Penyelidikan

Mantan penyidik KPK Yudi Purnomo
Sumber :
  • ANTARA/Laily Rahmawaty

VIVA Nasional – Mantan Ketua Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Yudi Purnomo Harahap menyatakan apresiasi kepada penyelidik KPK yang masih semangat memberantas korupsi, walau konflik internal KPK semakin kuat akibat pencopotan Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

Yudi yang pernah menjadi penyidik KPK ini menyatakan bahwa para penyelidik ini menuntaskan kasus yang sebelumnya dipimpin oleh Brigjen Endar, untuk membuktikan kepada pimpinan KPK bahwa Endar kompeten sebagai Direktur Penyelidikan.

“Buktinya kasus yang ketika itu dipimpin Endar ini tuntas dengan OTT terhadap Bupati Meranti. Ini sekaligus tambahan bukti prestasi tidak terbantahkan Endar selaku Direktur Penyelidikan,” kata Yudi dalam keterangannya, Jumat, 7 April 2023.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

Yudi yang berpengalaman dalam OTT ini menjelaskan bahwa peran Direktur Penyelidikan sangat sentral dalam mengarahkan dan memanajemen satgas penyelidikan, baik di lapangan maupun di kantor KPK.

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

“OTT bukanlah proses yang instan namun membutuhkan waktu berminggu bahkan berbulan. Jadi kesuksesan OTT Bupati Meranti oleh penyelidik KPK ini tidak lepas dari peran Endar yang kini dicopot jabatannya oleh pimpinan KPK,” ucapnya,

OTT ini menurut Yudi juga bisa jadi bukti tambahan bagi Dewas KPK bahwa kinerja Endar tidak diragukan lagi, sehingga tidak ada alasan logis mengembalikan Endar ke Kepolisian.

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Bamsoet menilai penyempurnaan UU Pemilu perlu dilakukan di awal pemerintahan Prabowo Subianto periode 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024