Kebakaran Rumah Sakit Salak Bogor Diduga Akibat Korsleting Listrik

Kebakaran Rumah Sakit Salak Bogor, Jawa Barat
Sumber :
  • Muhammad AR (Bogor)

VIVA Nasional – Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyebut berdasarkan keterangan saksi kebakaran yang terjadi di Rumah Sakit Salak milik TNI AD diakibatkan korsleting listrik. Api membakar tiga ruangan utama farmasi apotik, medical check up, dan admistrasi.

Kejati Jabar Terima SPDP Kasus Pembunuhan Vina dan Eky 

"Dilaporkan ada korsleting di seputaran medical check up di situ, kemudian api menjalar ke apotik," kata Bima di lokasi kebakaran didampingi Kapolres Bogor Kombes Pol Bismo Teguh Praskoso dan Dandim 0606 Kota Bogor, Kolonel Inf Ali Akhwan, Jumat 7 April 2023.

Kebakaran Rumah Sakit Salak Bogor, Jawa Barat

Photo :
  • Muhammad AR (Bogor)
Kampus F Trisakti Kebakaran, Ini Penyebabnya

Bima menyampaikan, pemadam kebakaran bergerak cepat karena mereka khawatir akan mengenai pasien. 

"Tapi jaraknya agak jauh dengan IGD. Jadi kita fokus memadamkan di lokasi dan juga menjalar ke bangunan denpom. Jam 3 kurang 15 api sudah bisa terkendali tadi di dalam masih ada yang menyala. Tadi diperkirakan berdasarkan informasi saksi mata, api berasal kemungkinan besar dari  konleting di daerag medical check up," katanya.

Berumur 35 Tahun, Bunga Bangkai Setinggi 3,4 Meter Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas

Bima melaporkan, belum ada korban jiwa maupun luka dalam kebakaran yang terjadi. Sementara, ledakan berasal dari tabung dan botol.

"Hingga saat ini Alhamdulillah belum ada dilaporkan korban jiwa, maupun luka-luka tetapi tentu masih kita harus pastikan setelah api padam semua dan kemudian kita cek ke dalam. (Ada ledakan?) Kemungkinan besar dari gas dan dari botol-botol tabung tabung. Yang terbakar ruang pelayanan medical check up, adminiatrasi, keuangan," katanya.

Bima memastikan, untuk pasokan obat akan dibantu oleh Dinas Kesehatan Kota Bogor. Saat ini tim dinas kesehatan bersiaga di lokasi. 

"(Pasokan obat) kita bisa perbantukan dari rumah sakit dan dinkes dan tim dinkes stand by jangan sampai pelayananan di salak ini terganggu terbengkalai.  Total ambulan ada 14 unit dan damkar 14, 8 damkar kota dan sisanya dari kabupaten," kata Bima.

Bima menyiagakan tim bagi pasien yang dievaluasi untuk mencegah adanya korban dari pasien.

"(Ada pasien yang dievakuasi.?) Iya itu nomor satu atensi pasien alhamdulillah karena  jauh dan tidak terlalu banyak orang, jadi dilaporkan tidak ada korban jiwa. Tapi kita pastikan sampai api betul-betul mati. Kita pastikan stok air cukup di ambil di beberapa titik," jelasnya.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso mengatakan, lalu lintas di lokasi  ditutup total dan dialihkan. 

"Arus lalu lintas dialihkan. Status quo," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya