Para Ahli Beri Tips Menggunakan E-Commerce untuk Promosi Usaha

Diskusi dengan tema
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Penting bagi para pengguna internet untuk memperhatikan sistem keamanan digital. Utamanya, sebelum bertransaksi menggunakan e-commerce.

Duet Anindya Bakrie dan Erick Thohir Bawa Oxford United Sabet Tiket Playoff

Ketua Relawan TIK Provinsi Bali I Gede Putu Krisna Juliharta menerangkan, dari sisi keamanan digital, dibalik kemudahan menggunakan e-commerce terdapat beberapa risiko.

"Salah satunya penyalahgunaan data pribadi user, cracking, hacking, phising dan penipuan," kata dia saat diskusi dengan tema "Tips Menggunakan E-Commerce Untuk Promosi Usaha" yang dilakukan secara daring (online) melalui aplikasi zoom meeting.

Jay Idzes Jaga Asa Venezia Promosi ke Serie A

Selain itu, menurut I Gede Putu, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan masyarakat sebelum bertransaksi. Pertama, usahakan jangan memberikan DP sebelum barang dikirim. 

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

"Kemudian, cari tahu reputasi penjual, cek ulasan produk, apakah harganya masuk akal. Lindungi akun anda dengan gunakan password yang berbeda di setiap layanan, gunakan 2FA dan waspada penggunaan WI-FI Public," terangnya.

Dosen Komunikasi sekaligus news presenter, Dewi Leba menyampaikan bahwa budaya digital merupakan teknologi dalam membentuk polapikir seseorang, secara signifikan di dalam lingkungan masyarakat. 

"Utamakan kesopanan di media sosial karena jejak digital tidak akan pernah hilang. Selain itu Ada beberapa Batasan yang perlu diperhatikan dalam berekspresi yaitu tidak menyebarkan pornografi, hatespeech dan diskriminasi. Jangan copy paste tapi lakukan Amati Tiru dan Modifikasi," terangnya.

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Mataram, yang juga Ketua Korwil Aspikom NTB Hartin Nur Khusnia menyampaikan per Januari 2023 pengguna internet di Indonesia mencapai 77 persen dari populasi penduduk Indonesia. Akan tetapi sub index kecakapan digital memiliki skor terendah. 

"Dalam mencapai kecakapan digital kita harus paham perangkat digital serta mampu mengoptimalkan, menyeleksi dan memverifikasi informasi yang didapatkan dengan mengenal ekosistem transaksi daring," ucapnya.

Selain itu, pengguna wajib mengetahui, memahami dan menggunakan hardware dan software. "Jadilah insan yang cakap paham, produksi, distribusi, partisipasi dan kolaborasi. Cakap produksi konten2 positif dan MENARIK. Cakap juga dengan dompet digital, lokapasar dan transaksi digital," katanya.

Kegiatan webinar dimulai dengan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G.Plate  lalu dilanjutkan dengan sambutanSamuel A Pengerapan selaku Dirjen Aptika Kominfo serta pemutaran video 4 pilar utama literasi digital yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital. 

Webinar dalam Rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan Kegiatan Wabinar Literasi Digital Sektor Kelompok Masyarakat dengan tema 

Diketahui, berdasarkan Survei indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan kominfo dan katadata Insight Center pada tahun 2022 menyebutkan bahwa literasi digital masyarakat indonesia sebesar 3,54 dari 5,00.

Berdasarkan skor tersebut tingkat literasi digital di indonesia berada dalam kategori ‘sedang’ kegiatan literasi digital di lingkungan masyarakat ini merupakan salah satu upaya Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital sektor komunitas masyarakat menuju indonesia #makincakapdigital.

Kegiatan Literasi Digital Segmen Kelompok Masyarakat ini merupakan serangkaian kegiatan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi dalam meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat indonesia pada tahun 2024 menuju Makin Cakap Digital.

Melalui kegiatan-kegiatan literasi digital ini disesuaikan pada kebutuhan masyarakat indonesia. Untuk mengikuti kegiatan yang ada, masyarakat dapat mengakses website literasidigital.id atau akun media sosial @literasidigitalkominfo (Instagram, Facebook, dan Youtube).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya