Wujudkan Ramadan dan Lebaran Aman, Ganjar Larang Masyarakat Produksi Petasan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo melarang masyarakat untuk memproduksi petasan dan sejenisnya menjelang hari raya Umat Muslim. Hal ini merupakan komitmen Ganjar dalam mewujudkan Ramadan dan hari Raya Idul Fitri yang aman. 

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

"Saya mengimbau betul kepada masyarakat, hentikan. Tidak ada yang boleh memproduksi petasan dan diharapkan kita bisa beramadan dan masuk lebaran tanpa petasan,” kata Ganjar dalam konferensi pers di Mapolres Batang, Jateng, Selasa, 11 April 2023. 

Menurut Ganjar, masih banyak cara yang tidak membahayakan, yang bisa dilakukan masyarakat dalam rangka memeriahkan perayaan umat muslim tersebut. 

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Ilustrasi petasan.

Photo :
  • U-Report

“Ada kok cara lain yang lebih baik dan kemudian kita mesti menjaga keselamatan keluarga, anak-anak kita, apalagi mereka membuat (memproduksi petasan) di tempat-tempat yang tidak terlihat oleh kita,” ujar Ganjar. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Dalam kesempatan yang sama, dia juga mengajak jajarannya di kabupaten dan kota untuk merangkul berbagai pihak, dan mengedukasi masyarakat tentang bahaya petasan. Apalagi, alat yang mengandung bahan peledak itu kerap memakan korban jiwa. 

“Ini saya titip sehingga kawan-kawan di Pemerintah Daerah lalu bisa bekerja sama saya kira dengan babinsa, babinkahtibmas, tokoh agama, tokoh masyarakat untuk memberikan edukasi," tuturnya.

Gubernur Jateng juga telah berkoordinasi dengan Kepolisian agar masyarakat bisa aman beribadah tanpa petasan. 

“Kami juga mengapresiasi kerja keras dari kepolisian yang terkait dengan petasan. Sudah tiga kali ditemukan,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya