Ponsel Ketua KPK Firli Bahuri yang Diretas Sudah Pulih

Ketua KPK Firli Bahuri di acara Hari Antikorupsi se Dunia di Jakarta tahun 2022
Sumber :
  • KPK

VIVA Nasional – Telepon seluler (ponsel) Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dikabarkan sudah kembali normal. Telepon selulernya kini bisa digunakan dengan semestinya.

Meski Starlink Hadir di Indonesia, Perhatikan Nasib ISP Lokal

Demikian disampaikan Juru Bicara KPK Ali Fikri  saat dikonfirmasi mengenai ponsel Firli yang terkena hack pihak lain. “Benar, sejak per pukul 16.00 WIB kemarin, informasi yang kami peroleh, ponsel salah satu pimpinan berhasil dipulihkan," kata Ali Fikri, Rabu, 12 April 2023.

Ali menerangkan, pemulihan ponsel itu berhasil dikerjakan atas bantuan tim IT KPK, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan perwakilan Meta Indonesia.

Saksi: Anak-Cucu SYL Minta Uang ke Kementan untuk Beli Sound System

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana.

Ali Fikri menjelaskan pemulihan ponsel Firli penting untuk mencegah terjadi hoaks yang menyebar. "Keamanan alat komunikasi ini menjadi penting, terlebih dengan maraknya berbagai hoaks ataupun disinformasi yang mudah sekali berkembang di dunia digital kita," kata Ali.

PP Muhammadiyah Surati Jokowi Jelang Pembentukan Pansel KPK

Sebelumnya, pihak KPK mengabarkan ponsel pimpinan dan beberapa pegawai terkena hack. Peretasan terjadi pada Senin, 10 April 2023.

KPK pun meminta masyarakat berhati-hati jika dihubungi pihak yang mengaku sebagai pegawai dan pimpinan KPK untuk sementara waktu. Sebab, berpotensi terjadi penipuan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya