Kepala BTP Jateng Kena OTT KPK, Gibran Harap Proyek Rel Ganda Solo Balapan-Kalioso Tetap Jalan

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Setibanya dari UEA
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Sodiq

VIVA Nasional - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyayangkan terjadinya kasus dugaan suap proyek strategis nasional pembangunan jalur kereta api Solo Balapan-Kadipiro-Kalioso. Kasus tersebut terungkap setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

OTT KPK itu dilakukan terhadap sejumlah pejabat dari Direktorat Jenderal Perkeratapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Setelah KPK lakukan OTT terhadap 25 orang di empat lokasi, kini status tersangka yang sudah ditetapkan m menjadi 10 orang. Adapun nama tersangka itu di antaranya adalah pejabat di Ditjen Perkeretaapian Kemenhub yakni Direktur Prasarana Perkeretaapian Harno Trimadi dan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Tengah Putu Sumarjaya.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

KPK sita Rp 2,8 miliar dari OTT proyek pembangunan kereta api.

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana.

Bahkan Putu Sumarjaya itu terlihat beberapa kali melakukan rapat dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo untuk membahas proyek pembangunan jalur kereta api ganda Solo Balapan-Kadipiro-Kalioso. Lalu, sempat revitalisasi Viaduk Gilingan hingga pelebaran perlintasan sebidang di Pasar Nongko Solo.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Pun, Gibran berharap adanya OTT yang dilakukan KPK terhadap pejabat di Ditjen Perkeretaapian Kemenhub tak berpengaruh terhadap keberlangsungan proyek pembangunan jalur rel kereta api ganda Solo-Balapan-Kalioso. 

“Ya harus jalan terus. Nanti saya nunggu arahan lagi dari Pak Menteri,” kata dia saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Kamis, 13 April 2023.

Putra sulung Presiden Jokowi itu pun mengaku belum melakukan koordinasi nasib proyek tersebut pasca OTT KPK terhadap pejabat Ditjen Perkeretaapian Kemenhub. Ia berjanji akan segera melakukan koordinasi dengan Kemenhub untuk melakukan pembahasannya.

“Belum ada arahan. Tapi untuk proyeknya ontime sesuai timeline. (Target selesai) Masih sesuai on schedule,” tutur Gibran.

Sebelumnya, KPK melakukan OTT di wilayah Perkeretaapian DJKA Jawa Tengah pada Selasa, 11 April 2023. Dari hasil pemeriksaan, sepuluh orang berhasil ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan korupsi itu. 

Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak mengatakan penetapan 10 tersangka itu berdasarkan pemeriksaan dan keterangan. Ia bilang KPK menemui adanya dugaan tindak pidana korupsi pemberian dan penerimaan hadiah dalam proyek pembangunan jalur kereta api. 

"KPK menyimpulkan adanya dugaan tindak pidana korupsi pemberian dan penerimaan hadiah atau janji terkait dengan proyek pembangunan dan pemeliharaan jalur kereta api di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dengan menetapkan 10 orang Tersangka," kata Tanak di KPK pada Kamis dini hari, 13 April 2023.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya