Bimtek Selesai, Petugas Haji Siap-siap Tahan Rindu

Peserta Bimtek PPIH Arab Saudi 2023
Sumber :
  • MCH 2023

VIVA Nasional – Bimbingan Teknis (Bimtek) Terintegrasi dengan Kementrian Kesehatan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444H/ 2023 M yang berlangsung sejak 7 April 2023- 16 April 2023 telah selesai.

Menag Yaqut: Haji 2024 Jadi yang Terbaik Sepanjang Kepemimpinan Presiden Jokowi

Bimtek ini diselenggarakan sebagai pembekalan untuk para petugas haji agar nantinya bisa memberikan pelayanan maksimal kepada para jamaah haji di Arab Saudi. Sebelum para petugas haji kembali ke rumah setelah 10 hari menjalani pembekalan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Direktur Bina Haji, Kementrian Agama, Arsyad Hidayat memberikan sejumlah pesan. 

Gladi Posko Kedatangan dan Keberangkatan Jamaah Haji 1444H/ 2023M Kloter 1 dan 2

Photo :
  • MCH 2023
Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Salah satu pesan yang disampaikan, para petugas diharapkan tidak membawa terlalu banyak barang, baik saat berangkat maupaun saat kepulangan. Imbauan ini diungkapkan lantaran setiap tahunnya, barang-barang bawaan para jamaah maupun para petugas haji selalu melebihi kapasitas. Petugas nantinya juga diminta untuk mengingatkan para jamaah untuk tidak membawa banyak barang saat pulang ke Tanah Air.

"Kami mencatat setiap tahun barang bawaan selalu overweight, ketika overweight, akhirnya barang tidak bisa masuk, dan dibuang barang nya. Jangan sampai terjadi di tahun 2023, gara-gara banyak barang bawaan pesawat juga delay," kata Arsyad Hidayat saat Closing Ceremony Bimtek Terintegrasi dengan Kemenkes PPIH Arab Saudi, Minggu, 16 April 2023 

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

 

Direktur Bina Haji, Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenag, Arsyad Hidayat

Photo :
  • Media Center Haji

Tak hanya itu, penugasan panjang selama kurang lebih dua bulan nantinya di Arab Saudi diharapkan para petugas haji bisa menahan rindu, untuk sementara jauh dan tidak bisa bertemu keluarga. 

"Petugas mohon tahan rindu, bimtek ini hanya latihan, 10 hari pembekalan jauh dari keluarga, apalagi nanti di sana," katanya lagi. 

Menurut Arsyad dengan adanya pembekalam Bimtek selama 10 hari, pemahaman para peserta bimtek mengalami peningkatan antara sebelum dan sesudah pembelajaran. Kegiatan Bimtek dimulai dengan sahur, kultum subuh, manasik haji kemudian dilanjutkan dengan apel pagi pukul 07.00, dilanjutkan pembelajaran materi hingga pukul 23.00.

"Meskipun Bimtek ini dilaksanakan di bulan Ramadhan, jam pelajaran tidak berkurang samasekali. Dengan demikian kami mengusulkan agar para peserta bimtek dapat diangkat menjadi petugas haji tahun 1444h/2023 M," katanya. 

Total peserta Bimtek 1234. Semua proses Bimtek menggunakan proses digital dari mulai pendaftaran hingga pemberkasan dan absen pembelajaran.

"Peserta yang mengikuti Bimtek ini akan mendapatkan sertifikat Bimtek PPIH Arab Saudi. Kami ucapkan terimakasih pada semua panitia, fasilitator dan narasumber mendampingi serta dalam pembelajaran hingg dapat pengetahuan, keterampilan untuk beri pelayanan pada jamaah haji," kata Arsyad. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya