Muhammadiyah Akhirnya Diizinkan Gelar Salat Id di Pamedan Pura Mangkunegaran

Penguasa Pura Mangkunegaran Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA)
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Nasional – Penguasa Pura Mangkunegaran Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X akhirnya mengizinkan Pamedan Pura Mangkunegaran digunakan untuk salat Idul Fitri 1444 H bagi jemaah Muhammadiyah pada Jumat, 21 April 2023. 

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Selain Muhammadiyah, lapangan tersebut juga akan digunakan untuk salat Ied kembali oleh ormas Islam lainnya paa Sabtu, 22 Juni 2023.

Sebelumnya Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Keprabon, Solo, sempat mengajukan izin untuk menggunakan Pamedan Pura Mangkunegaran sebagai tempat Salat Id seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Hanya saja izin yang telah diajukan sejak 20 Maret 2023 itu sempat ditolak pihak Pura Mangkunegaran dengan alasan akan ada kegiatan lain di lapangan tersebut.

"Tapi ini saya sudah dapat info hasil dari mediasi dengan PDM (Pengurus Daerah Muhammadiyah), ternyata besok Jumat kita diizinkan untuk Salat Id di Pamedan. Tanggal 21 (April) itu kita sudah bisa memakai lapangan Pamedan itu," kata dia di Solo, Rabu, 19 April 2023.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Perayaan Salat Idul Fitri 1438 H di Indonesia

Photo :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Menurut dia, Pamedan Puro Mangkunegaran telah menjadi tempat langganan Pengurus Muhammadiyah Keprabon untuk menggelar Salat Idul Fitri sejak lama. Lantas, ketika muncul ada penolakan itu juga menyebabkan jajaran pengurus dan panitia bingung. 

Pasalnya berdasarkan surat jawaban dari Pura Mangkunegaran bahwa kegiatan Salat Id tersebut berbarengan dengan acara lain.

"Setiap tahun memang di situ, saya belum lahir sampai sekarang itu disitu kalau Muhammadiyah Keprabon Salat Id. Tapi alhamdulillah sekarang sudah diizinkan," ujar dia.

Sementara itu, KGPAA Mangkunegara X pun mengaku terjadi miskomunikasi yang antara pihak Pengageng Kawedanan Mandrapura Pura Mangkunegaran dengan pihak Muhammadiyah. 

Awalnya pihak Mandrapura mengira bahwa pelaksanaan Salat Ied bakal jatuh pada tanggal yang sama dengan pemerintah yakni hari Sabtu 22 April 2023. Pasalnya, pada tanggal itu sudah ada ormas Islam lainnya yang telah lebih dulu meminta izin untuk menggunakan tempat tersebut sebagai tempat Salat Id.

"Sampun (sudah) di-ACC (Muhammadiyah). Kemarin kita nunggu konfirmasi tanggalannya kan kalau tanggalnya tabrakan enggak mungkin bisa kan mas. Tapi ternyata tanggalnya berbeda ya dah enggak apa-apa," kata KGPAA Mangkunegara X melalui sambungan telepon, Selasa, 18 April 2023.

Menurut dia, Pura Mangkunegaran akan mengakomodasi semua permintaan untuk menggelar Salat Ied pada Jumat dan Sabtu mendatang. "Karena beberapa informasi yang belum kami terima, terjadi miskomunikasi. Mangkunegaran memfasilitasi semuanya dengan sebaik kami," ujar dia. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya