Mudik Lebaran, Kapolri Cek Kondisi Pesawat di Bandara Soetta

Kapolri Jenderal Sigit Sulistyo di Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Kapolri (Kepala Kepolisian Republik Indonesia) Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelayanan dan pengamanan arus mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023 di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang pada Rabu, 19 April 2023.

Dalam peninjauan tersebut, Sigit langsung mengecek roda, mesin hingga ruang kokpit pesawat yang digunakan untuk mengangkut pemudik. Hal itu demi memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan masyarakat saat mudik.

"Proses kegiatan dalam rangka memastikan keamanan dan kesiapan pesawat, salah satunya yang diuji coba tadi adalah Boeing 737 mulai dari roda, apakah ada masalah dan kebocoran. Kemudian, kita sempat lihat ruang Kokpit itu ada indikator-indikator yang setiap saat harus siap dioperasionalkan dan selalu dicek," ujar Sigit dalam keterangannya pada Rabu, 19 April 2023. 

Tak hanya itu, Sigit melakukan pengecekan di jalur bagasi yang membawa barang-barang pemudik. Pengecekan itu dilakukan terkait kerentanan yang sering terjadi dan adanya peningkatan penerbangan, baik domestik maupun internasional dengan penumpang sebanyak 168 ribu.

"Semua harus dijaga keamanan dan keselamatannya, serta tentunya proses ramp check menjadi sangat penting," ucapnya.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

Photo :
  • Angkasa Pura II

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Kemudian, Sigit juga sudah mendirikan pos-pos terpadu untuk pemudik di Bandara Soekarno-Hatta. Di mana, di dalam pos itu ada TNI, Polri, Kementerian Perhubungan dan stakeholder terkait lainnya.
Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya


"Kita sudah membagi tugas masing-masing, ini sinergitas dalam rangka melaksanakan rangkaian kegiatan. Di dalamnya memberikan pelayanan pemudik baik nanti melalui udara, laut dan darat," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar pasukan Operasi Ketupat 2023 untuk pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023 di Halaman Monas, Jakarta Pusat pada Senin, 17 April 2023.

“Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan seluruh stakeholder terkait, dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah,” kata Sigit.

Menurut dia, Kementerian Perhubungan memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan saat arus mudik Lebaran 2023 dibanding tahun 2022. Pada mudik 2022, ada 85,5 juta jumlahnya meningkat menjadi 123,8 juta tahun 2023 atau meningkat 44,8 persen.

Selanjutnya, Sigit menyampaikan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa dalam pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2023 harus hati-hati mengingat terjadi lonjakan besar yang mudik hingga 123 juta. Artinya, ada kenaikan kurang lebih 45 persen.

Atas dasar perintah dan kebijakan Presiden Jokowi, Sigit mengatakan Polri dan stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal melalui operasi terpusat dengan sandi Ketupat 2023 selama 14 hari sejak 18 April sampai 1 Mei 2023. 

“Operasi ini telah diawali dengan KRYD atau kegiatan rutin yang ditingkatkan tanggal 10 sampai 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 sampai 9 Mei 2023,” pungkasnya.

Viral keribuatan Avsec Bandara Soetta dengan penumpang

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Perselisihan antara petugas aviation security atau avsec dengan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024