Kapolri Sebut Kereta Api Masih Jadi Angkutan Favorit Pemudik

Pemudik Kereta Api Pasar Senen
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mengatakan transportasi Kereta Api (KA) masih menjadi favorit masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023. 

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Hal itu disampaikan Jenderal Sigit, saat meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Rabu, 19 April 2023. 

"Kita tanyakan langsung ke masyarakat yang memilih menggunakan kereta api dan ini menjadi salah satu pilihan favorit karena menurut masyarakat yang pertama tepat waktu yang kedua bersih dan ketiga, tentunya lebih aman," ujar Kapolri kepada wartawan.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Sigit juga menyebut, animo pemudik menggunakan moda transportasi kereta api terlihat dari peningkatan arus mudik hingga H+2 lebaran. 

"Tadi dilaporkan kurang lebih ada 19.900 penumpang yang diangkut, hampir sama dengan yang kemarin juga jumlah hampir 20.000 dan hari ini kemungkinan akan terus bertahan dan mungkin bisa naik sampai dengan H+2," tuturnya. 

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Sebelumnya diberitakan, Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung Stasiun Pasar Senen pada Rabu 19 April 2023. Tinjauan ini dilakukan Kapolri guna memastikan kesiapan angkutan kereta api dalam mengangkut pemudik ke kampung halamannya. 

Kapolri juga didampingi Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto, Kepala Korps Lalu Lintas, Irjen Pol Firman Shantyabudi dan Pangdam Jaya Mayjen TNI, Mohammad Hasan. 

Kapolri juga mengatakan terjadi peningkatan volume pemudik dari pada Rabu 19 April 2023. Sebanyak 19.900 penumpang telah berangkat menuju kampung halamannya masing-masing meninggalkan Ibu Kota.

Masyarakat pengguna Kereta Api (KA) di Stasiun Pasar Senen mengaku pelayanan yang disajikan telah optimal. Serta pelayanan kebersihan juga telah memenuhi standar kenyamanan.

"Tentunya kita melihat dari sisi pelayanan kemudian ruang tunggu dan juga kita tanyakan langsung ke masyarakat yang memilih menggunakan kereta Api dan ini menjadi salah satu pilihan favorit karena menurut masyarakat yang pertama tepat waktu yang kedua bersih dan ketiga tentunya lebih aman," ujar Sigit saat konferensi pers di Stasiun Pasar Senen, Rabu 19 April 2023.

"Dan tentunya ini menjadi pilihan yang kita anjurkan. Apalagi dilaporkan 4 juta kursi dilepas masih ada 1,5 juta. Jadi tentunya kita himbau kepada masyarakat yang mungkin saat ini belum pulang, moda kereta api bisa menjadi salah satu alternatif pilihan karena memang dari segi keamanan, ketepatan waktu kenyamanan, itu tentunya sangat baik," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya