H-1 Lebaran, Lintasan Kendaraan Menuju Merak Melalui Tol Cikupa Menurun: 500 Kendaraan Per Jam

Gerbang Tol Cikupa
Sumber :
  • Sherly (Tangerang)

VIVA Nasional - Memasuki H-1 Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, lalu lintas di Tol Tangerang-Merak tepatnya yang melalui Tol Cikupa, baik mengarah ke Merak ataupun Jakarta, mengalami penurunan.

Menteri Basuki Ultimatum HK Rampungkan Tol Trans Sumatera Seksi Padang-Sicincin Juli 2024

Penurunan ini pun terjadi cukup signifikan dibandingkan saat puncak arus mudik pada 19 April 2023 hingga, 20 April 2023 yang mencapai 3 ribu kendaraan per jam.

Berdasarkan data yang diperoleh, pergerakan kendaraan yang terjadi mulai Kamis, 20 April 2023 hingga Jumat, 21 April 2023, rata-rata 500-700 kendaraan per jam dengan total keseluruhan untuk yang mengarah ke Jakarta sebanyak 31.999 kemudian, untuk yang mengarah ke Merak sebanyak 39.083 kendaraan.

BPS: Inflasi April 2024 Paling Rendah Dibanding Tiga Lebaran Tahun Sebelumnya

Gerbang tol Cikupa Tangerang

Photo :
  • Sherly (Tangerang)

Dibandingkan dengan data pada 19 April hingga 20 April 2023, total kendaraan yang mengarah ke Merak sebanyak 53.211 dan yang mengarah ke Jakarta sebanyak 43.295 kendaraan.

Kecelakaan di Tol Japek, Avanza Kebakar Mobil Pikap Terbalik

"Hari ini arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikupa lancar, tidak terjadi antream baik itu yang mengarah ke Merak ataupun Jakarta," kata Kepala Induk PJR Serang Korlantas Polri Tol Tangerang-Merak, Kompol Wiratno.

Kendati demikian pihaknya pun terus melakukan antisipasi bila nantinya ada terjad antrean kendaraan dengan menerapkan delaying system khususnya, ketika terjadi antrian kendaraan di dalam pelabuhan Merak sudah sampai Cikuasa atas.

Dalam skema delaying system kendaraan yang mengarah ke Merak akan dimasukkan dan ditahan beberapa saat ke rest area untuk menunda waktu keberangkatan ke gerbang tol Merak agar kedatangan kendaraan tak berbarengan. Pada hal ini, terdapat dia rest area yang menerapkan delaying system yakni, rest area KM 43A dan rest area KM 68A.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya