Oso Dukung Ganjar Pranowo, Sudah Ditunggu-tunggu

Presiden Jokowi bersama Gubernur Jateng sekaligus capres Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

VIVA PolitikKetua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) ikut mendukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024, yang diumumkan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Ganjar Pranowo Deklarasi jadi Oposisi Sejalan Dengan Sikap Partai

"Setelah Ibu Mega mengumumkan di depan Presiden Republik Indonesia, saya yakin itulah pilihan dari Pak Jokowi, dimana saya tunggu-tunggu dan saya ikut serta mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024," kata OSO di kediamannya pada Sabtu, 22 April 2023. 

Menurut dia, Hanura adalah partai yang berpihak kepada kemajuan daerah. Oleh sebab itu, daerah yang makmur adalah cikal bakal Indonesia yang juga makmur. 

Oso selaku mantan Ketua DPD RI ini menilai sosok Ganjar Pranowo sebagai pemimpin yang tepat, bukan yang memandang bahwa Indonesia akan maju jika DKI Jakarta saja yang makmur. 

"Jakarta bukan satu-satunya cermin, Indonesia begitu luas, sekarang jadi 34 provinsi dan akan terus berkembang lagi. Itu sebabnya kita membutuhkan sosok figur yang berpihak kepada daerah, dari daerah untuk Indonesia," ujarnya.

Namun, ia mengatakan keputusan luar biasa itu jangan sampai diputarbalikkan bahwa Ganjar Pranowo merupakan bukti nyata adanya sosok yang sangat dibutuhkan bangsa Indonesia. 

Mahfud Ngaku Tak Ada Tawaran Masuk ke Pemerintahan Prabowo-Gibran

"Untuk itu, masyarakat harus berani, jujur, dan menjadi kualitas manusia yang bermartabat serta bertanggungjawab," jelas dia.

Presiden Jokowi bersama Gubernur Jateng sekaligus capres Ganjar Pranowo.

Photo :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon
Pakar Ragukan Ide Presidential Club Prabowo: Ada Tembok Tebal yang Susah Diterabas


Kemudian, Oso tidak terlalu pusing dengan rencana pertemuan antara Partai Hanura dengan PDI Perjuangan maupun Ganjar Pranowo. Menurut dia, seorang kader apapun partainya bisa secara diam memilih jagoannya saat Pilpres 2024 sesuai hati nuraninya, dan mengabaikan perintah Ketua Umum Partai.

"Saya kira kita partai yang sudah dewasa, tidak perlu lagi menentukan pertemuan-pertemuan. Kalau memang kita tulus buat apa, kita pakai hati nurani, itulah partai kita," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengumumkan bakal calon presiden yang mereka usung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pengumuman dilakukan pada Jumat, 21 April 2023, bertepatan dengan Hari Kartini. 

PDI Perjuangan mencalonkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang diketahui juga sebagai kader partai berlambang banteng dengan moncong putih itu. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat.

"Maka pada jam 13.45 dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim menetapkan saudara Ganjar Pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," kata Megawati kepada wartawan melalui siaran langsung YouTube PDI Perjuangan pada Jumat, 21 April 2023.
Presiden Jokowi saat sematkan kenaikan pangkat istimewa ke Prabowo Subianto.

Prabowo Ingin Bikin Presidential Club, Politikus PDIP: Itu Cuma Gimmick-gimmick Aja Nanti

Usulan Presidential Club dinilai tak efektif jika dibentuk untuk menyelesaikan persoalan bangsa.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024