Ratusan Penumpang Kebakaran Kapal KMP Royce 1 Selamat, Sebagian Dilarikan ke RSKM

Kapal KMP Royce 1 yang terbakar di perairan Merak
Sumber :
  • Ist

VIVA Nasional – Kapal KMP Royce 1 yang terbakar pada Sabtu sore, 06 Mei 2023, membawa 140 penumpang yang terdiri dari 115 laki-laki dan 25 perempuan. Diantara mereka, terdapat enam anak-anak. Sedangkan muatan kendaraan, berjumlah 79 unit dari berbagai jenis. Untuk penumpang, di evakuasi menggunakan kapal Basarnas, Polairud, hingga TNI AL Banten.

Janda di Bandar Lampung Ditipu Dukun Alami Kerugian Rp81 Juta

"Jumlah penumpang sesuai manivest, pejalan kaki lima orang, penumpang dalam kendaraan 135 orang. Anak-anak enam terdiri dari lima anak laki-laki dan satu anak perempuan. Jumlah keseluruhan kendaraan sebanyak 79 unit," ujar Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Didik Heriyanto, Sabtu 6 Mei 2023

Proses evakuasi penumpang kapal KMP Royce 1 yang terbakar di perairan Merak

Photo :
  • Ist
12 Tersangka Perundungan Siswa SMA Internasional di Tangsel Segera Diadili

Polda Banten menerangkan bahwa KMP Royce 1 terbakar sekitar pukul 15.30 wib, usai berangkat dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni. Kapal yang terbakar rencananya akan di evakuasi ke Pelabuhan Merak untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Api sudah dapat dipadamkan dan kapal akan dievakuasi di Pelabuhan Merak," terangnya.

Brimob Gadungan di NTB Nekat Curi Motor Warga, Begini Modusnya

Guna memastikan penyebab kebakaran, polisi akan memeriksa sejumlah saksi dan menyelidiki KMP Royce 1, jika sudah berada di Pelabuhan Merak. 

"Penyebab terjadinya kebakaran kapal KMP Royce 1 masih dalam penyelidikan lebih lanjut," jelasnya.

Korban Dilarikan ke RSKM

Penumpang kapal KMP Royce yang terluka dan sesak nafas, mendapatkan perawatan medis di Puskesmas Pulomerak. Bahkan ada yang harus dilarikan ke Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM), Kota Cilegon, Banten.

Para korban kebakaran kapal KMP Royce 1 di dekat Pulau Tempurung itu, umumnya menderita sesak nafas hingga memar. Kemungkinan besar karena menghirup asap kebakaran hingga terbentur benda keras saat kebakaran terjadi. 

"Di (bawa ke) puskesmas, ada benjol, ada sesak nafas, kemudian ada yang dibawa ke IGD RSKM," ujar Walikota Cilegon, Helldy Agustian, Sabtu 6 Mei 2023.

Helldy Agustian, Walikota Cilegon, saat menemui korban kapal terbakar di Merak

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Helldy memerintahkan puskesmas maupun rumah sakit bersiaga jika sewaktu-waktu ada penumpang kapal yang membutuhkan pertolongan medis. Mantan sales mobil ini belum mendapatkan laporan adanya korban jiwa dalam peristiwa kebakaran kapal yang berlayar dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni tersebut.

"Kami sudah instruksikan, kami memerintahkan Kadinkes, puskesmas dibuka, BPBD, Dinsos juga sudah kesini. Belum ada laporan korban meninggal," terangnya.

Dalam peristiwa terbakarnya KMP Royce 1 di perairan Selat Sunda, ada sembilan orang korban luka yang mendapatkan perawatan medis. Mereka dibawa ke Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM) dan Puskesmas Pulomerak.

"Sampai saat ini korban luka ringan sebanyak sembilan orang, terdiri dari empat orang dirawat di RSKM Cilegon dan lima orang luka ringan dirawat di Puskesmas Pulomerak," ujar Kabid Humas Polda Banten, Didik Hariyanto, Sabtu (06/05/2023).

Hingga saat ini, belum ditemukan atau adanya laporan korban jiwa dalam peristiwa terbakarnya kapal yang berangkat dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni tersebut. Meski begitu, tim kedokteran dan DVI Polda Banten telah bersiaga di Pelabuhan Merak, untuk membantu para korban yang membutuhkan pertolongan medis.

"Sampai dari hasil evakuasi belum ada korban yang ditemukan meninggal dunia," terangnya.

Penumpang Kapal KMP Royce 1 yang terbakar di perairan Merak dievakuasi tim SAR

Photo :
  • ist

Saat ini KMP Royce 1 dalam proses pendinginan dan memastikan tidak adalagi api yang menyala. Kemudian akan ditarik ke Pelabuhan merak. "Nanti disandarkan disini (merak) tapi kita harus memastikan kapal itu aman, baru kita tarik," Adil Triyanto, Kepala Basarnas Banten, Sabtu (06/05/2023).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya