Jokowi Bawa Isu Perdagangan Manusia saat KTT ASEAN

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA NasionalPresiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengusulkan isu pemberantasan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dalam kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Diketahui, kegiatan KTT ASEAN akan digelar mulai 9 hingga 11 Mei 2023.

Presiden Jokowi Tekankan Tiga Hal Ini pada Pertemuan Bilateral dengan Presiden Fiji

“Mengenai perdagangan manusia, salah satu yang Indonesia usung untuk dibahas di KTT ini adalah pemberantasan perdagangan manusia, terutama online scams. Inil penting dan sengaja saya usulkan, karena korbannya adalah rakyat ASEAN dan sebagian besar adalah WNI kita,” kata Jokowi dari Youtube Sekretariat Presiden pada Senin, 8 Mei 2023.

Bertemu PM Tajikistan, Jokowi Bahas Kerjasama Pengelolaan Air Bersih


Menurut dia, Pemerintah Indonesia baru-baru ini telah menyelamatkan 20 WNI korban perdagangan manusia dari Myanmar. “Ini betul-betul sesuatu yang tidak mudah, karena lokasinya berada di wilayah konflik,” jelas dia.

Pada 5 Mei 2023, kata Jokowi, otoritas Filipina dan perwakilan negara lainnya termasuk Indonesia juga telah berhasil menyelamatkan 1.048 orang dari 10 negara dan 143 diantaranya adalah dari Indonesia. Jadi, ia menegaskan kejahatan perdagangan manusia harus diberantas tuntas dari hulunya sampai ke hilir. 

“Saya ulangi, harus diberantas tuntas sehingga dalam KTT nanti akan diadopsi dokumen kerja sama penanggulangan perdagangan orang akibat penyalahgunaan teknologi,” ujarnya.

Seorang petugas sedang membersihkan logo Gedung KPK di Jakarta (foto ilustrasi)

ICW Setor 20 Rekomendasi Nama Pansel Capim KPK ke Presiden Jokowi

ICW menyetorkan 20 rekomendasi nama pansel capim KPK ke Presiden Jokowi.

img_title
VIVA.co.id
21 Mei 2024