Pesan Penting Ganjar untuk Mahasiswa di Tegal

Ganjar Pranowo di Universitas Pancasakti, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut Universitas Pancasakti Tegal siap menyalurkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas.

Disaksikan Wapres Ma'ruf, IBA Beri Bea Siswa ke Santri dan Mahasiswa di Banten

Hal itu ia katakan dalam program 'Gubernur Mengajar' yang merupakan bagian program peningkatan pendidikan. Kali ini, Ganjar mengajar di Universitas Pancasakti, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, hari ini.

"Kalau kita mau mengembangkan itu tanpa SDM berkualitas, kita bakal lewat lho ya. Maka alhamdulillah ada program PPG di sini, jadi guru-guru yang mau mengambil profesi itu bagus, saya beri challenge," kata Ganjar kepada wartawan, Selasa 9 Mei 2023.

BUMN Indonesia Re Gandeng Akademisi untuk Lahirkan Talenta Muda di Industri Asuransi

Guna mematangkan pembangunan SDM yang unggul dan berkualitas, Ganjar mengungkap pemerintah bersedia melakukan program kolaborasi dengan seluruh institusi perguruan tinggi. Program itu nantinya bakal mampu meningkatkan kemampuan dan keahlian mahasiswa dalam mengembangkan pemikiran-pemikiran dari kalangan mahasiswa.

Kelompok Muslim AS Kecam Universitas di New York atas Penangkapan Mahasiswa Pro Palestina

Mahasiswa pun dituntut bisa mengikuti perubahan zaman yang berkembang pesat, tapi dengan tetap memerhatikan aspek yang ada, sehingga program 'Merdeka Belajar' dapat terlaksana dengan baik dan tepat.

"Maka upgrade up skill mesti dilakukan dan ini menurut saya pengembangan ide-ide yang cukup brilian dari mereka mahasiswa yang sekarang mengambil profesi itu. Jadi percepatan pembangunan SDM itu kewajiban, upgrade kurikulum termasuk, fasilitas pendidikan yang accessable untuk semua sehingga SDM kita betul-betul siap mengikuti perubahan zaman, tapi tetap aspek lingkungannya dijaga," kata Ganjar.

Di hadapan para mahasiswa, Ganjar juga mendorong peran aktif mahasiwa dalam mengoptimalisasi potensi daerah lewat kurikulum pendidikan yang ada. Dia mau para mahasiswa eksplor lebih luas makna dari Tegal sebagai Kota Bahari.

Selain itu, lanjut dia, lewat praktik kuliah yang ada di sistem pendidikan kampus diharap juga bisa memberi banyak dampak tidak hanya untuk kelautan saja, tapi juga di sektor wisata dan perekonomian.

"Karena ini di Tegal, saya ceritakan bahwa di Tegal itu dari kemaritiman luar biasa. Perikanan tangkap dan perikanan budi dayanya bagus. Terbayang kalau mahasiswa bisa kerja praktik di situ, mengolah, end to end dikerjakan di sini dan anak-anak yang peduli perikanan didirikan lab, yang peduli wisata pantainya bagus, yang peduli industri logam bisa berkembang," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya