Khilafatul Muslimin Tunda Gelar Halal Bihalal di Serang Banten, MUI: Harus Ditolak!

Suasana Kantor Pusat Khilafatul Muslimin di Kota Bandarlampung.
Sumber :
  • ANTARA/Dian Hadiyatna

VIVA Nasional – Ada tiga video yang beredar di YouTube, mengenai penundaan pelaksanaan halal bihalal Khilafatul Muslimin (KM) Jabodetabek Banten, yang rencananya berlangsung di Kasemen, Kota Serang, Banten, pada Minggu, 14 Mei 2023.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Video itu diunggah oleh akun Koma Indonesia, Tribun Rakyat dan Josmar Tarigan. Dalam keterangan dan unggahan video itu, menarasikan bahwa acara halal bihalal Khilafatul Muslimin hanya ditunda, bukan dibatalkan.

Penundaan dilakukan lantaran mendapatkan penolakan dari sejumlah kalangan, termasuk adanya demonstrasi di kawasan Keraton Surosowan Sabtu sore, 13 Mei 2023, oleh sejumlah santri.

Keluarga Datang ke Lokasi Brigadir RAT Tewas Bunuh Diri, Ada Apa?

"Mengenai acara halal bihalal yang akan kita laksanakan di Banten, mengingat beberapa hal dan demi menjunjung tinggi kebersamaan dan kemaslahatan umat, maka acara tersebut kita pending," ujar seseorang dalam video tersebut, dikutip Sabtu, 13 Mei 2023, pukul 17.45 wib.

Acara akan tetap dilanjutkan, setelah kondisi dianggap aman, sembari mengatur halal bihalal agar bisa diterima oleh semua kalangan.

Ratusan Polisi Kawal Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad di Lombok

Bahkan surat rencana halal bihalal juga telah tersebar. Dalam surat bernomor 002/WIL-01/PNT/X/1444H itu dikeluarkan di Bekasi, pada Senin, 08 Mei 2023 yang ditanda tangani oleh Ustadz Asep Saefullah sebagai Ketua Panitia, serta Ustadz Abu Salma, selaku Amir Wilayah Jabodetabek dan Banten.

"Sehingga mendapatkan situasi yang kondusif dan memungkinkan. Saya mohon maaf sekali lagi, bukan ini dibatalkan, tetapi kita mengatur acara supaya lebih harmonis," begitu ucapnya lagi.

Sekretaris MUI Kota Serang, Amas Tajudin menerangkan bahwa kegiatan Khilafatul Muslimin harus ditolak, lantaran kegiatannya kerap bertentangan dengan Pancasila dan Undang-undang Dasar (UUD) 1945. Kemudian, beberapa pimpinannya sudah diproses hukum.

Selain itu, KM sudah dua kali ingin mendirikan sekretariat di Kota Serang, di Kaujon dan Pasar Induk Rau, semuanya mendapatkan penolakan dari warga.

"Mengapa harus ditolak, karena Khilafatul Muslimin mempunyai kegiatan atau kronologis sejarah di berbagai daerah yang beririsan hendak mendirikan negara khilafah dan itu bertentangan dengan Pancasila dan UUD 45, dan ada beberapa pimpinan yang diproses hukum, seperti di Lampung," ujar Amas Tajudin, Sabtu, 13 Mei 2023.

Dalam susunan kepengurusan halal bihalal yang di dapat MUI, panitianya merupakan anggota Khilafatul Muslimin Indonesia yang pernah berikrar kembali setia ke NKRI pada 2022 lalu. 

Nyatanya, ikrar janji kembali setia ke pangkuan NKRI dianggap Amas Tajudin hanya tipu muslihat mereka saja.

"Kami menyatakan kepada publik, bahwa tidak boleh ada kegiatan Khilafatul Muslimin. Kita serahkan ke Kepolisian. Satpol PP melakukan pembubaran, kalau dicegah tidak bisa ya dibubarkan," jelasnya.

Setelah itu beredar juga surat pembatalan acara halal bihalal yang akan dilakukan Khilafatul Muslimin pada Minggu, 14 Mei 2023, di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya