Istana Buka Suara Soal Menkominfo Johnny G Plate Jadi Tersangka Kasus Korupsi BTS

Menkominfo Johnny G Plate Tersangka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi proyek BTS di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Menanggapi hal ini, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin memnyebutkan proses hukum terhadap Johnny G Plate akan berjalan profesional tanpa adanya intervensi.

Pernah Ditangkap KPK Terjerat Kasus Suap, Abah Anton Daftar Lagi Pilwali Malang Lewat PKB

"Iya jadi Apapun ceritanya bagi pemerintah dan Presiden seperti saat ini, tidak ada lain dan tidak ada bukan Kecuali proses ini akan berjalan dan Kejaksaan telah menetapkan status Johnny G plate itu sebagai tersangka dan ditahan,"kata Ngabalin dalam wawancara bersama tvOne, Rabu 17 Mei 2023.

Ali Mochtar Ngabalin.

Photo :
  • VIVAnews/Fikri Halim
Selain Sabu, Rio Reifan Juga Konsumsi Ekstasi dan Alprazolam

Ngabalin menyebutkan, dalam setiap kasus yang melibatkan pejabat Pemerintah dalam hal ini Menteri dan jajarannya, maka Presiden Jokowi tak pernah melakukan intervensi. Presiden Jokowi, kata Ngabalin, mempercayakan pengusutan kasus tersebut pada proses hukum yang berlaku di tanah air.

"Maka paling sering dan sudah lebih dari 5 sampai 6 tahun saya selalu melihat, menyaksikan, bahwa ketika terkait dengan masalah hukum kemudian proses hukum, kemudian kondisi seperti yang dialami oleh Johnny G Plate pasti bapak Presiden akan menyerahkan ini kepada proses hukum," kata Ngabalin

Hard Gumay: Sandra yang akan Menyerah dan Memilih Berpisah

Menurutnya, Pemerinta sepenuhnya mempercayakan kasus ini kepada aparat penegak hukum. "Biarkan dia berjalan sambil nanti kita akan melihat apa yang nanti menjadi bagian apa yang dilakukan oleh Kejaksaan Agung," kata Ngabalin

Sebelumnya diberitakan,Penyidik Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung menetapkan status tersangka terhadap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate usai diperiksa pada Rabu, 17 Mei 2023. 

Johnny Plate diperiksa terkait kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020 sampai 2022.

Menkominfo Johnny G Plate Tersangka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Direktur Penyidikan Jampidsus, Kuntadi menjelaskan penyidik memanggil enam orang saksi hari ini salah satunya Johnny Plate. Menurut dia, penyidik mendalami peran Johnny Plate dalam kasus tersebut. Lalu, didapatkan bukti cukup untuk menjadikan Johnny Plate sebagai tersangka.

“Atas hasil pemeriksaan tersebut, sehingga tim penyidik telah meningkatkan status yang bersangkutan dari saksi jadi tersangka,” kata Kuntadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya