Dokter di Palembang Kena Tipu Jastip Konser Coldplay, Uang Rp 12 Juta Raib

Konser Coldplay di GBK Jakarta resmi diumumkan
Sumber :
  • coldplayinjakarta.com

VIVA Nasional – Niat hati ingin menonton konser Coldplay di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta pada 15 November mendatang, seorang dokter rumah sakit swasta di Palembang justru menjadi korban penipuan.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Dokter yang diketahui bernama Nicho Saputra (NS) itu, menjadi korban pembelian tiket Coldplay melalui akun Instagram @tixconcert.idn (Jastip Tiket Konser Coldplay).

Akibat kejadian itu, Nicho mengalami kerugian hingga Rp12.500.000. Tak terima atas perbuatan pelaku, Nicho lantas melaporkan kejadian ini ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Sumatera Selatan.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Peristiwa penipuan ini, dialami sang dokter bermula saat dirinya meminta manajer pribadinya, Nina (30), untuk mencari dua tiket Coldplay. Nina pun lantas menyetujui permintaan Nicho.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

"Jadi klien saya (Nina) disuruh NS untuk mencari Jastip (jasa titip) tiket Coldplay. Nina lantas mencari akun jastip tiket nonton konser tersebut, dan menemukan akun Instagram @tixconcert.idn," kata Febi Irianto selaku kuasa hukum Nina, Sabtu, 20 Mei 2023.

Ketika dicek, kata Febi, tampilan akun Instagram pelaku cukup meyakinkan, lantaran banyak menampilkan testimoni pelanggan mereka.

"Pas lihat akun Instagram tersebut sangat meyakinkan, rapi dan juga ada testimoni di feed dan sorotan. Lantas klien kami ini percaya dan melanjutkan komunikasi melalui WhatsApp," jelas Febi.

Setelah melanjutkan komunikasi dengan pelaku, Nina pun bertanya terkait biaya tiket dan syarat-syaratnya. Selanjutnya, Nina langsung memesan tiket tersebut.

"Awalnya harga pesan satu, dan didapatlah harga Rp6.250.000. Setelah dipesan, sang dokter ini meminta untuk membeli tiket satu lagi karena takut kehabisan. Jadi klien saya langsung memesan satu lagi dengan harga yang sama," ungkap Febi.

Saat komunikasi melalui WhatsApp, Febi menyebut bahwa kliennya tidak merasa curiga sama sekali. "Klien kami langsung melakukan transaksi pembayaran tiket," tambah Febi.

Usai dilakukan pembayaran sebanyak tiga kali, kliennya mencoba menghubungi terduga pelaku, ternyata nomor yang digunakan pelaku sudah tidak aktif lagi.

"Saat dicoba menggunakan nomor lain, nomor tersebut bisa dihubungi. Klien kami curiga bahwa akun itu adalah akun penipuan yang juga tersistematis," terang Febi.

Tak hanya itu, pada saat dicek akun Instagram milik pelaku @tixconcert.idn ternyata sudah berganti menjadi @tiketkuiniyahh.

Febi berharap dengan adanya laporan ke SPKT Polda Sumatera Selatan pada Jum'at, 19 Mei 2023, pelaku dapat segera ditemukan dan ditangkap.

"Kami berharap pelaku dapat segera tertangkap, agar tidak ada lagi korban yang lainnya," tegas Febi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya