Gubsu Edy Rahmayadi Ingatkan Jemaah Sumut Jaga Kebugaran: Haji Ibadah Fisik

Gubernur Sumut Edy Rahyamadi melaksanakan tepung tawar bagi jemaah haji sumut
Sumber :
  • VIVA/BS Putra

VIVA Nasional – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melaksanakan tradisi tepung tawar untuk melepas jemaah haji asal Sumut yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2023/1444 Hijriah. Prosesi ini sekaligus upacara pelepasan jemaah haji yang akan bertolak ke Tanah Suci secara bertahap mulai 24 Mei 2023. 

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Tradisi tepuk tepung tawar merupakan adat budaya Melayu yang melambangkan rasa syukur atas pencapaian para jemaah yang sebentar lagi akan menunaikan rukun Islam kelima. Acara tersebut sekaligus memberikan motivasi dan doa bagi para jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci. 

Diketahui, tahun ini, ada sebanyak 8.328 jemaah haji Indonesia asal Sumut yang akan berangkat menunaikan ibadah haji. Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berpesan kepada para jemaah agar selalu menjaga kesehatan dan fisik tubuh selama di Tanah Suci.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

"Memang semua itu Allah yang menjaga kita di sana, namun jangan takabur. Saya hanya mengingatkan di Madinah dan Mekah adalah ibadah fisik, maka dari itu pandai-pandai menjaga fisik dengan menjaga kesehatan," pesan mantan Pangkostrad itu.

Calon jemaah haji di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)
Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Hadir di antaranya, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Nawal Lubis, Mantan Sekdaprov Sumut Afifi Lubis, Ustaz Zulfikar Hajar, Forkopimda, OPD, serta para jemaah haji dan Petugas Haji Pemprov Sumut.

Kesempatan itu, Edy Rahmayadi juga meminta jemaah haji untuk dapat mendoakan Sumut agar lebih bermartabat ke depannya. 

"Selamat jalan dan semoga kembali ke Tanah Air dengan haji yang mabrur, dan jangan lupa doakan Sumut agar lebih bermartabat dan makmur ke depannya," katanya. 

Mewakili jemaah haji Pemprov Sumut, Afifi Lubis menyampaikan terjadi peningkatan jemaah haji pada tahun ini yakni sebanyak 8.328 orang jemaah. 

Afifi Lubis, yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Sumut itu mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah yang telah memberikan perhatian untuk keberangkatan jemaah pada tahun ini.

"Pada tahun ini yang dikedepankan yang berangkat adalah ramah lansia, karena yang tua lebih didahulukan berangkat haji pada tahun ini. Ini merupakan kebahagiaan bagi kami, karena pemerintah telah memberikan perhatian pada kami," ucap Afifi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya