KPK Terjunkan Tim Guna Ungkap Sumber Harta Wali Kota Pangkalpinang

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil usai diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan adanya pendapatan lainnya dari wali kota Pangkalpinang Maulan Aklil. Adapun salah satu pendapatan lain dari Maulan Aklil itu yakni adanya perkebunan sawit hingga kamar indekos yang dimiliki.

Gibran Masih Jabat Wali Kota Solo Usai jadi Wapres Terpilih, JK: Tidak Apa-apa

Hal tersebut didapati KPK setelah melakukan proses klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Maulan Aklil.

"Bahwa yang bersangkutan punya sumber pendapatan lain. Selain sebagai Wali Kota, dia juga punya perkebunan sawit, punya juga kos-kosan, punya ruko. Di samping itu dia punya 19 bidang tanah perkebunan," ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan kepada wartawan, Rabu 24 Mei 2023.

KPK Pecat 66 Pegawai yang Terlibat Pungli Rutan

Kemudian, Pahala menjelaskan bahwa pihaknya masih akan terus menghitung harta kekayaan Aklil. Kendati, tak ada yang janggal dalam harta kekayaan yang dimiliki Aklil saat ini.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Gugat Dewas ke PTUN, Sebut Kasusnya Expired

"Yang kita cari adalah sumbernya dari mana. Untuk itu, KPK akan kirim tim ke Pangkalpinang, mendalami asal-usul kepemilikan aset, di samping untuk memastikan bahwa semua aset yg ada di LHKPN itu memang, semua yang dimiliki sudah dilaporkan," kata Pahala.

Pahala juga sudah mengirimkan tim untuk melakukan asesmen terhadap sejumlah harta berupa kebun sawit dan kamar indekos Maulan Aklil. Tujuannya, untuk memvalidasi informasi terkait harta yang dimiliki Aklil.

"Kita juga lakukan asesmen, kalau bilang kos-kosan itu berapa gede kos-kosannya, berapa pendapatannya. Kalau di perkebunan berapa banyak dia punya, kira-kira berapa penghasilannya," ucap Pahala.

"Jadi kita mau validasi informasi yang kita dapat dari yang bersangkutan, dan dari data-dara perbankan yang sudah kita peroleh, transaksi keuangan keluar masuk," lanjutnya.

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan

Photo :
  • ANTARA FOTO

Wali kota Pangkalpinang, Maulan Aklil bungkam usai diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Pemeriksaan itu berlangsung sekitar 5 jam lamanya di Gedung Merah Putih, KPK pada Rabu 17 Mei 2023.

Pantauan VIVA di lokasi, pejabat negara itu keluar pada pukul 14.12 WIB saat hendak berjalan menuju penjemputannya, awak media langsung meminta tanggapan soal klarifikasi LHKPN-nya.

Maulan Aklil hanya diam dan bersikap seperti minta maaf, dia juga dikawal oleh petugas keamanan KPK untuk segera meninggalkan Gedung Merah Putih, KPK.

Istri Maulan Aklil menjadi sorotan karena kerap pamer tas mewah seperti Channel, Hermes, hingga Gucci yang nilainya bisa mencapai ratusan juta. Gaya hedon sang istri tersebut berujung menyeret nama suaminya, Maulan Aklil.

Berdasar pada hasil penelusuran, Maulan Aklil tercatat punya harta kekayaan senilai Rp11.380.412.373 (Rp11 miliar). Harta kekayaannya tersebut dilaporkan Maulan pada 11 Maret 2022 untuk periodik 2021.

Sementara itu, belum ditemukan laporan harta kekayaan Maulan Aklil untuk periodik 2022. Harta dia yang nilainya cukup fantastis terletak di aset tanah dan bangunan yang mencapai nilai Rp11 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya