Lepas Jemaah Haji, Khofifah Minta Doakan Jawa Timur dan Indonesia Selalu Aman Damai

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Saat Melepas Jemaah Haji 2023
Sumber :
  • VIVA/ Nur Faishal

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melepas jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) pada Rabu, 24 Mei 2023. 

Fasilitas Kamar Jemaah Haji Indonesia, Dekat Masjid Nabawi di Madinah

Kepada para jemaah, Ketua Umum Muslimat NU, itu meminta agar mendoakan Jawa Timur saat berada di Tanah Suci nanti.

Kloter 1 yang berangkat dan dilepas Khofifah berjumlah 445 orang. Terdiri dari 440 jemaah haji dan 5 petugas haji. Mereka semua berasal dari Kabupaten Bangkalan, Madura. Sesuai jadwal, mereka diterbangkan ke Madinah, Arab Saudi, dari Bandara Juanda Surabaya di Kabupaten Sidoarjo sekira pukul 09.00 WIB.

Pertamina Sumbagut Jamin Ketersediaan Avtur Cukup dan Aman Selama Penerbangan Haji

Dari 445 orang itu, sebanyak 28 orang berusia 75 tahun ke atas. Anggota jemaah haji tertua berusia 96 tahun bernama Hasanah, asal Kecamatan Geger, Bangkalan. Sementara anggota jemaah haji termuda ialah Muhammad Zainul Waton. Warga Kecamatan Klampis itu berusia 18 tahun.

Khofifah menekankan pada jemaah berusia di atas 75 tahun dan berstatus berisiko tinggi, agar betul-betul menjaga kesehatan dan mengikuti arahan petugas. Pihak petugas diminta memberikan perhatian khusus, terutama agar terhindar dari COVID-19 dan MERS.

Dirjen Ingin Petugas Imigrasi RI juga 'Ngantor' di Bandara Saudi saat Kepulangan Jemaah Haji

"Saya juga koordinasikan dengan dr. Herlin, Dirut RSU Haji, agar memungkinkan diberikan obat-obat yang masih dibutuhkan. Intinya kita menjaga agar calon jemaah haji sehat, mulai berangkat, saat beribadah dan kembali dalam keadaan sehat dan mabrur," kata Khofifah. 

Mantan Menteri Sosial RI itu mengatakan, berbagai usaha sudah dimaksimalkan untuk memastikan kelancaran ibadah haji para jemaah. 

"Semuanya memberikan doa kepada panjenengan mudah-mudahan sehat dalam melaksanakan ibadah haji dan dimudahkan semua urusan oleh Allah SWT. Amin," ujarnya.

Tak lupa, Khofifah meminta agar para jemaah haji senantiasa mendoakan daerahnya. "Mohon doa ketika panjenengan di berbagai tempat mustajabah, doakan kami masyarakat Jawa Timur dan bangsa Indonesia selalu aman, damai, dan penuh berkah," ucapnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Menteri Agama RI, Hasanuddin Ali, menyampaikan salam dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Dirinya menjelaskan, hal paling fundamental yang harus dijaga memang kesehatan. 

Selain Kloter 1, pada Rabu ini Embarkasi Surabaya juga akan menerbangkan jemaah haji Kloter 2 dan 3. Total semua calon haji yang diterbangkan ke Tanah Suci dari Surabaya pada Rabu ini sebanyak 1.335 orang. Mereka berasal dari Bangkalan, Sampang, Kota Madiun, dan Surabaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya