Total 48 Jemaah Haji Indonesia Meninggal, Satu Jemaah Wafat di Pesawat

Jemaah haji sakit di KKHI
Sumber :
  • MCH 2023

Jeddah - Hingga Senin, 12 Juni 2023 dilaporkan jumlah jemaah haji meninggal dunia mencapai 48 orang. Data ini berdasarkan informasi yang dihimpun dari Sistem informasi dan komputerisasi Haji Terpadu atau Siskohat per 12 Juni 2023 pukul 09.39 Waktu Arab Saudi (WAS). Dari 48 yang meninggal dunia, satu di antaranya menghembuskan nafas di atas pesawat.

Menag Yaqut: Haji 2024 Jadi yang Terbaik Sepanjang Kepemimpinan Presiden Jokowi

Almarhum yang meninggal dunia di atas pesawat, Sholeh Ahmadi Jamburi dari Kloter 56 Embarkasi Solo(SOC 56) karena secondary stroke attack dan cardiac arrest. Beberapa saat sebelum pesawat mendarat di Bandara International King Abdulaziz, Jedah, Minggu 11 Juni 2023, almarhum sempat mendapat perawatan medis selama dalam perjalanan menuju ke Tanah Suci. Almarhum dinyatakan meninggal dunia pada 03.57 WIB. 

Berdasarkan laporan kematian petugas haji di Bandara, Almarhum Sholeh asal Ngawen Klaten berusia 66 tahun saat di atas pesawat pukul 21.00 WIB sempat mengeluh badan lemas, perut sakit. Pemeriksaan mulai dari tensi, gula darah hingga cek nadi dilakukan. Saat diobservasi kembali kondisi sempat membaik. 

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Pukul 22.30 WIB dilakukan pemeriksaan ulang karena mengelu badan lemas dan ingin tidur. Pukul 01.00 WIB, almarhum masih mengeluh lemas dan ingin tidur telentang. Saat dicoba untuk dipasang infus, namun 6 kali gagal. Vena pecah tiap kali dicoba pasang infus. 

Almarhum akhirnya ditidurkan di kursi pesawat. Dan dokter pendamping berkoordinasi dengan kru pesawat. Pilot tetap melanjutkan perjalanan sampai bandara Jeddah dengan pengawasan ketat oleh tenaga kesehatan haji atau TKH. 

Meriah, Puluhan Ribu Jemaah Saksikan Peragaan Batik dan Launching Senam Haji Indonesia

Laporan rujukan pun sudah disiapkan. Dan pada pukul 02.20, almarhum sempat bangun ingin ke toilet karena sudah buang air besar. Diantar ke toilet bersama petugas dan istri, almarhum tiba-tiba jatuh tak sadarkan diri.

Nadi tak teraba, sempat pula dilakukan CPR. Pukul 03.57 WIB,  nadi tetap tak teraba, tak ada napas. Almarhum dinyatakan meninggal dunia pukul 03.57.

Ketua Kloter SOC 56 Andriyanto Heri Waskito membenarkan salah satu anggota kloternya meninggal. "Ya betul," kata Heri dikonfirmasi terpisah. 

Sedangkan Kepala Pos Kesehatan Bandara PPIH Arab Saudi dr Novitasari Nurlaela juga membenarkan almarhum meninggal di pesawat. "Betul almarhum meninggal di pesawat," kata dokter Novitasari. 

Pesawat yang ditumpangi sendiri mengangakut 354 orang jemaah. dengan 105 di antaranya lansia. 

Sholeh Ahmadi Jamburi sendiri menjadi jemaah haji ke-48 yang meninggal dunia sampai Senin 12 Juni 2023 pukul 08.00 Waktu Arab Saudi. 

Dari data Siskohat dilaporkan pula, hingga Senin 12 Juni 2023, sudah ada 344 kloter dengan jumlah jemaah 130.892 yang tiba di Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya